Berita Nasional

Bakal Bangun Fasilitas Penginapan di Rest Area Tol Trans Jawa, Jasa Marga Lakukan Kajian

Potensi pengembangan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh PT JMRB dan OHM.

Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
Ruas Jalan Tol Trans Jawa 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Perusahaan pelat merah pengelola jalan tol yakni Jasa Marga, berencana menghadirkan fasilitas penginapan di sejumlah rest area.

Terobosan Jasa Marga yang segera dieksekusi ini dalam rangka menggencarkan pengembangan rest area di ruas-ruas tol kelolaannya.

Pengembangan fasilitas tersebut akan dilakukan melalui anak usahanya yakni PT Jasamarga Related Business (JMRB) yang bekerja sama dengan Omega Hotel Management (OHM), sebagai bagian dari Alfaland Group.

Baca juga: Jasa Marga Catat 166 Ribu Kendaraan Keluar Jabotabek, Ke Arah Puncak hingga Bandung Meningkat

Direktur Utama PT JMRB, Cahyo Satrio Prakoso mengatakan, kerja sama pengembangan rest area ini menyusul terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol.

“Dengan adanya Peraturan Menteri PUPR tersebut, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan,” ucap Cahyo seperti dikutip dalam keterangannya, Jumat (14/1/2022).

“Karena rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap,” sambungnya.

Baca juga: Catat! Masyarakat Sudah Boleh Berkunjung Ke JIS, Begini Cara Daftarnya

Cahyo menambahkan, potensi pengembangan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh PT JMRB dan OHM.

Dengan identifikasi awal untuk ruas jalan tol yang cocok dengan fasilitas inap ini adalah jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

"Target utama kami tentu saja pengguna jalan dengan perjalanan menerus/jarak jauh, demi keamanan dan keselamatan perjalanan mereka. Yang selama ini membutuhkan fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya serta sebaliknya,” ungkap Cahyo.

Baca juga: VIDEO Pedagang di Rest Area Tol Trans Jawa Terdampak Pelarangan Mudik

“Di mana para pengguna tol harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat,” tambahnya.

Dengan begitu, Cahyo melanjutkan, PT JMRB membutuhkan mitra atau rekan strategis yang dapat bekerja sama dengan saling memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak, salah satunya adalah OHM di bawah naungan Alfaland Group.

Selaku anak usaha Jasa Marga yang bergerak di bidang pengembangan kawasan, termasuk rest area di ruas-ruas milik Jasa Marga Group, PT JMRB terus melakukan kajian terhadap potensi pendapatan dari rest area yang dikelolanya.

Baca juga: Terdampak Proyek Tol Solo-Jogja, Milyarder Baru Bermunculan di Klaten, Pak Tasripan Kantongi Rp10 M

Hingga saat ini, PT JMRB telah mengelola 27 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia. (Tribun Network/Ismoyo)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved