Breaking News:

Komunitas

2.000 Ikan Cupang Berlaga di Ajang CAF Betta Festival 2022 di Bandung

Zaenal Somantri menyebut, kontes cupang hias pertama di Indonesia sudah ada dari tahun 1996

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Feryanto Hadi
Ist
Kompetisi ikan cupang 'CAF Betta Festival 2022', digelar di kawasan Trans Studio Mall Bandung, Jawa Barat,13 Januari hingga 16 Januari 2022. Helatan ini, juga dapat diakses secara online melalui platform virtual event ini. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ajang kompetisi ikan cupang bertajuk 'CAF Betta Festival 2022', yang berlangsung di kawasan Trans Studio Mall Bandung, Jawa Barat, memasuki tahap seleksi dan penjurian tahap 1.

Helatan terbesar di Jawa Barat yang dapat diakses secara online melalui platform virtual event ini, berlangsung dari 13 Januari hingga 16 Januari 2022. 

Kompetisi cupang ini berhadiah total Rp 500 juta.

Pada tahap seleksi dan penjurian tahap 1 tersebut, ada dua kategori yang menjadi penilaian dewan juri. 

Baca juga: Kompetisi Ikan Cupang dan Pameran Ikan Hias akan Digelar di Trans Studio Mall Bandung

Zaenal Somantri, Director of CAF Betta Festival menjelaskan, untuk penjurian ada dua kategori, yakni standar International Betta Congress atau IBC dan SNI. 

"IBC merupakan standar internasional dan SNI standar nasional. Beberapa poin yang dinilai yaitu warnanya, kemudian foam bagian ekor dan ukuran ikan," kata Zaenal Somantri saat jumpa pers di Jumat (14/1/2022).

Ia menambahkan, ada 2.000 lebih ikan yang akan dinilai. 

Baca juga: Gelar Lomba Fotografi, Nara Kupu Village Ajak Milenial Kenali Potensi Wisata Agrikultur

Pada kesempatan yang sama, Agus Karim, salah satu juri CAF Betta Festival 2022,  memberikan penilaian ikan cupang dari sisi kecantikan atau keindahan.

"Jadi yang yang dinilai dari bentuk fisik ikan secara proporsionalitas bentuk tubuh, sirip dan ekor kemudian warna ikan dan mental ikan," Agus Karim.

Zaenal Somantri kembali mengatakan, kontes cupang hias pertama di Indonesia sudah ada dari tahun 1996, jadi sudah 25 tahun lebih. 

"Jadi standarnya pun sudah ada dan lama digunakan. Kalau sekarang yang disini ada dua standar yang main, IBC dan SNI," katanya.

Baca juga: Buluk Superglad Jual Ikan Cupang Untuk Lunasi Hutang di Bank, Menghilang 3 Tahun dari Panggung Musik

Ia menambahkan, ikan cupang asli Indonesia, seperti ikan Serit atau Crowntail mampu bersaing dengan dengan budidaya ikan cupang dari negara lain.

Selain kompetisi cupang,  gelaran 'CAF Betta Festival 2022' juga diisi dengan pameran ikan hias, serta beberapa kegiatan lainnya, seperti Betta Fish Auction (lelang ikan cupang), Betta Fish Coaching Class, Talkshow, Habit Culture, dan Festival Kuliner yang menghadirkan aneka booth camilan nusantara. (ign).

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved