Berita Jakarta

Hasto Kristiyanto Ledek Kondisi Pasar Tanah Abang Mirip Poco-poco, Begini Respon Wagub Ariza

Ariza mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya membenahi Pasar Tanah Abang agar estetika terus terjaga.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Feryanto Hadi
Wartakotalive.com/Henry Lopulalan
Kawasan pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pemerintah DKI Jakarta merespon kritik yang disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto soal kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang kerap dilanda kemacetan.

Bahkan saking padatnya, masyarakat yang beraktivitas di sana seperti gerakan poco-poco.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghormati kritik yang disampaikan Hasto.

Namun dia mengingatkan bahwa Pasar Tanah Abang merupakan salah satu tempat kebanggaan masyarakat.

Pembelinya bukan hanya warga Jakarta dan daerah lain saja, tapi ada juga warga negara asing yang turut berbelanja di Tanah Abang.

“Itu pasar kebanggaan kita, tidak hanya kebanggan warga Jakarta tapi kebanggaan warga Indonesia,” kata Ariza di Balai Kota DKI pada Senin (10/1/2022).

Baca juga: Dilaporkan ke KPK terkait Dugaan KKN, Gibran Rahabuming Siap Diperiksa: Kalau Salah, Kami Siap!

Ariza mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya membenahi Pasar Tanah Abang agar estetika terus terjaga.

Harapannya, Pasar Tanah Abang tidak hanya menyediakan berbagai keperluan dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik saja, tapi memberi kenyamanan bagi pelanggan yang datang.

“Kalau misalnya ada macet kembali ya mungkin ini seiring dengan semakin meningkatkan pergerakan ekonomi. Jadi, satu sisi kita syukuri ini tanda dan bukti bergeliat kembali perekonomian kita sebagai bangsa dan Jakarta, sebagai contohnya di Ibu Kota,” kata Ariza.

Menurut Ariza, padatnya aktivitas warga di sana tentu membuktikan bahwa geliat perekonomian semakian baik pasca gelombang kedua pagebluk Covid-19 pada Juli 2021 lalu.

Dia meminta masyarakat untuk tetap mematuhi prokes 5M, sekalipun telah divaksin Covid-19.

Baca juga: Berdiri di Lahan Hijau, 60 Gubuk Liar di Tanah Abang Dibongkar Paksa

Dalam kesempatan itu, Ariza berjanji akan membenahi dan mengatur aktivitas di Pasar Tanah supaya tidak terlalu semrawut. Sebagai politikus senior di PDI Perjuangan dan puluhan tahun tinggal di Jakarta, Ariza menganggap Hasto sangat mengetahui dinamika di Pasar Tanah Abang.

“Beliau orang yang lama tidak hanya di partai politik yang luar biasa, dia Sekjen (PDI Perjuangan) dua periode. Kemudian juga orang yang lama di Jakarta, jadi kritiknya akan kami pelajari dan ditindaklanjuti,” jelas dia.

Seperti diketahui, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengkritik kondisi Pasar Tanah Abang yang semrawut.

Hal itu diungkapkan Hasto saat disinggung soal sosok yang bakal diajukan PDI Perjuangan dalam ajang Pilkada DKI 2024 mendatang.

Baca juga: Selama 6 Jam Operasional KRL dari Stasiun Rangkas Bitung ke Tanah Abang Terganggu Akibat Anjlok

Kata Hasto, PDI Perjuangan telah meminta kadernya yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat untuk merumuskan skala prioritas bagi warga Jakarta. Hal ini berkaca pada pengalaman Djarot yang pernah mengemban amanah sebagai orang nomor satu di Jakarta.

Dia menyebut, Djarot mengibaratkan kondisi Jakarta saat ini selayaknya senam poco-poco. Hal ini terlihat dari kondisi aktivias di Pasar Tanah Abang yang kian semrawut.

“Pak Djarot melihat ini kok rasanya seperti poco-poco juga, maju mundur Tanah Abang dulu sudah beres Tanah Abang tidak macet. Tiba-tiba ganti pemimpin, Tanah Abang menjadi macet, Tanah Abang menjadi berubah,” ujar Hasto. (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved