Berita Jakarta

Legislator Puji Keberanian Anies Cabut Kepgub yang Sulitkan Warga Petamburan soal Kepemilikan Tanah

keberanian Anies Baswedan mencabut Keputusan Gubernur No 122 tahun 1997 yang dikeluarkan Gubernur Suryadi Sudirja dipuji Legislator DKI Jakarta.

Wartakotalive.com/Yolanda Putri Dewanti
Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Ismail usai mendampingi warga Petamburan, Jakarta Pusat bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jumat (7/1/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Legislator DKI Jakarta memuji keberanian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mencabut Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 122 tahun 1997 yang dikeluarkan mantan Gubernur Suryadi Sudirja.

Kepgub tentang penetapan penguasaan bidang tanah seluas 23 hektar untuk pembangunan rumah susun murah dan fasilitasnya di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Kota Madya Jakarta Pusat, itu dinilai merugikan warga.

Sebab, sekitar 8.000 kepala keluarga (KK) dari delapan RW di Petamburan, kesulitan untuk mengurus sertifikat kepemilikan tanah dan izin mendirikan bangunan (IMB).

Padahal mereka sudah turun temurun bermukim di lokasi tersebut.

Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, payung hukum tersebut memang sudah seharusnya dicabut karena kurang relevan dengan kondisi sekarang.

Hal ini juga diperkuat dengan kajian dari Kantor Pertanahan Jakarta Pusat dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat pada April 2021 lalu.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur yang telah mengeluarkan Kepgub Nomor 1596 tahun 2021 pada 30 Desember 2021 lalu, yang isinya mencabut Kepgub Nomor 112 tahun 1997,” kata Ismail.

Hal itu dikatakan Ismail usai bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI pada Jumat (7/1/2022).

Saat itu, Ismail datang untuk mendampingi Forum Warga Petamburan (FWP) yang ingin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Anies.

Kata Ismail, warga Petamburan sudah cukup lelah memperjuangkan haknya selama ini.

Mereka sudah mengadukan hal itu kepada tujuh gubernur sebelumnya, namun tidak ada progres yang baik.

Bahkan sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta dari periode-periode sebelumnya juga tidak membuahkan hasil.

Dengan tekad yang bulat, mereka kemudian meminta bantuan kepada Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta agar Anies mencabut Kepgub tersebut.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pak Gubernur dengan kebijakannya ini telah bisa mengabulkan impian yang sebenarnya warga hampir hopeless (pupus) ya. Selama puluhan tahun karena sudah mencoba diadvokasi oleh para anggota dewan di periode sebelumnya tidak berhasil, dan juga dengan gubernur di periode sebelumnya juga tidak berhasil,” jelas Ismail.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved