Berita Daerah

POLISI Amankan 3 WNA Asal Afrika di Kontrakan Rengasdengklok Dibawa ke Imigrasi Karawang, Ada Apa?

Polisi dan Imigrasi Karawang mengamankan 3 WNA asal Afrika di rumah kontrakan Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, arawang, Rabu (5/1/2021).

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Petugas kepolisian dan Imigrasi Karawang mengamankan tiga WNA asal Afrika di rumah kontrakan Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Rabu (5/1/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG --- Kepolisian dan Imigrasi Karawang mengamankan tiga orang warga negara asing (WNA) asal Afrika di rumah kontrakan Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Ketiganya awalnya diamankan petugas Polsek Rengasdengklok setelah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait keberadaan WNA tersebut.

"Berdasarkan laporan warga, kita datangi ke rumah kontrakan itu untuk melakukan pemeriksaan," kata Kanit Reskrim Polsek Rengasdengklok, Iptu Iwan Budijanto Rabu (5/1/2022).

Iwan mengatakan, pihaknya juga langsung berkoordinasi ke Polres dan Imigrasi Karawang untuk penyelidikan lebih dalam.

"Penanganan diserahkan ke Polres dan Imigrasi Karawang karena mereka yang berwenang," kata Iwan.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang, Barlian Gunawan mengatakan, pihak Imigrasi melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang WNA yang diduga melakukan pelanggaran aturan keimigrasian. 

Baca juga: Rencana Pembukaan Umroh Disambut Gembira Warga, Imigrasi Karawang Sudah Cetak 20 Paspor Umroh

Baca juga: Terungkap Alasan Imigrasi Karawang Tolak Puluhan Permohonan Paspor Calon TKI

Ketiga WNA tersebut terdiri dari dua orang asal Nigeria berinisial RCH (26) dan OOS (23) serta satu orang asal Mozambik berinisial MAD (35).

"Kejadian kemarin atas laporan warga, kepolisian langsung mendatangi kontrakan tempat tinggal tiga WNA itu, dan langsung koordinasi dengan kami," kata Barlian Gunawan.

Dijelaskannya, dari informasi itu awalnya ketiganya diamankan dengan alasan untuk menghindari terjadinya kerumunan massa di sekitar tempat tinggal mereka.

Barlian menuturkan, informasi mengenai ketiga WNA tersebut diperoleh dari masyarakat yang melihat secara langsung keberadaan mereka di sebuah rumah kontrakan.

Baca juga: Kasus Pertama Omicron di Indonesia Diduga Ditularkan WNI yang Pulang dari Nigeria pada 27 November

Kemudian, masyarakat setempat melaporkan terkait keberadaan ketiga WNA ke Polsek Rengasdengklok.

“Berdasarkan keterangan dari Kepala Unit Intelijen Polres Karawang, ketiganya tiba di Karawang sejak 3 Januari 2022 dan akan mengontrak rumah selama enam bulan di Jalan Dusun Tarik Kolot RT 20/ RW 03 Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok. Namun baru dibayarkan selama tiga bulan,” ujar Barlian Gunawan.

Setelah mendapatkan keterangan tersebut, pihak Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang mendatangi Polsek Rengasdengklok untuk melakukan proses serah terima terhadap ketiga orang WNA.

Selanjutnya, ketiga WNA tersebut dibawa ke Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang untuk dilakukan proses pengembangan lebih lanjut.

Baca juga: Polisi Akui Ada Keributan Sebelum WNA Nigeria Ditemukan Sudah Tak Bernyawa di Rudenim Jakarta Barat

“Ketiganya kami bawa ke Kantor Imigrasi Karawang untuk dilakukan pemeriksaan mengenai tujuan datang ke Indonesia dan izin tinggal keimigrasian yang dimilikinya,” ujar Barlian Gunawan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved