Piala AFF

Shin Tae-yong Bakal Buat Indonesia Tim Kuat seperti Coach Park Hang-seo Tangani Timnas Vietnam

Imran Nahumarury, eks pemain Timnas Indonesia yang kini berprofesi sebagai pelatih mengatakan, tak ada prestasi yang instan.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Hertanto Soebijoto
affsuzukicup.com
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui para pemainnya kelelahan saat menghadapi Singapura di laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 yang berakhir imbang 1-1 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Tak ada prestasi yang instan begitulah ucapan Imran Nahumarury, eks pemain Timnas Indonesia yang kini berprofesi sebagai pelatih.

Imran mengatakan Timnas Indonesia saat ini sudah mempunyai ruh atau pondasi yang kedepan terus disempurnakan oleh Shin Tae-yong.

Apalagi pemain-pemain Timnas Indonesia saat ini yang tampil di Piala AFF 2020 hampir sebagian besar merupakan pemain muda di bawah 22 tahun.

Video: Coach STY Tak Janjikan Indonesia Akan Menang Besar di Leg 2

“Menurut saya pemain ini punya masa depan yang cerah, kita harus lebih sabar saja. Mereka harus buktikan juga. Jadi kita juga tidak bisa berharap untuk saat ini mereka harus menang terus, tim ini akan jadi 2-3 tahun kedepan,” kata Imran saat dihubungi Tribunnews beberapa hari lalu.

Eks pelatih PSIS Semarang itu bahkan menilai apa yang dilakukan Shin Tae-yong seperti apa yang dilakukan Park Hang-seo di Vietnam

Seperti diketahui Park Hang-seo datang ke Vietnam pada 2017 dan hadirnya Park Hang-seo bisa membuat Timnas Vietnam semakin kuat antara lain mengantarkan Timnas Vietnam U-23 runner-up Piala Asia 2018, Juara Piala AFF 2018 dan Emas SEA Games 2019.

Baca juga: Jelang Final AFF 2020, Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Menang dan Menggondol Gelar Juara

Baca juga: Shin Tae-yong Menunggu Mujizat Bola Itu Bundar Jelang Laga Leg Kedua Final Piala AFF

“Vietnam itu bisa bagus karena sudah bangun tim sejak lama. Nah kita akan mengalami hal yang sama dan Shin Tae-yong mencoba memperbaiki mentalitas pemain,” ujar Imran.

“Karena kan kalau dilihat pemain kita lawan tim besar ini sudah takut, kalau tertinggal sudah terlihat frustasi. Jadi Shin Tae-yong ini datang untuk memperbaiki segala macam. Baru setelah itu fokus ke taktikal,” sambungnya.

Imran melihat apa yang dilakukan Shin Tae-yong kepada para pemain Timnas belumlah 100 persen.

Pelatih asal Korea Selatan itu masih fokus memperbaiki fisik dan mentalitas pemain setelah itu Shin Tae-yong baru beralih ke taktikal.

Baca juga: Shin Tae-yong Akui Saat ini Thailand dan Vietnam Timnas Sepak Bola Terbaik di Asia Tenggara

Untuk itu, Imran meminta agar semua pihak bersabar dan mempercayai sepenuhnya kepada Shin Tae-yong.

“Jadi jangan pernah berpikir meraih prestasi instan, ada proses. Shin Tae-yong ini baru membangun tim. Diperbaiki dulu fisik mereka, mentalitas mereka, setelah itu baru bicara taktikal ini tidak bisa sekaligus,” nilai Imran.

“Apa yang sekarang dilakukan Shin Tae-yong itu dia membangun tim ini, bukan satu tumamen. Dia dikontrak 4 tahun. Nanti dilihat di ujung, jangan sampai satu turnamen terus evaluasi, tidak bisa. Nanti di akhirnya kita lihat. Hasilnya kan banyak bisa berupa trophy, bisa mentalitas pemain berkembang atau bisa cara main kita yang berubah,” pungkasnya.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved