Berita Jakarta

JIS Dinilai Karya Besar Anies Baswedan yang Digagas di Era Gubernur Sutiyoso

Stadion yang diklaim terbaik di Asia Tenggara itu pada hakekatnya digagas di era Gubernur Sutiyoso (1997-2007), namun baru terealisasi sekarang.

Ist
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik mengatakan, gagasan pembangunan stadion sepak bola bertarf internasional di Ibu Kota sudah ada sejak era Gubernur Sutiyoso, Jumat (31/12/2021) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Stadion Jakarta International Stadium (JIS) dinilai sebagai karya besar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama menjadi pemimpin di Ibu Kota.

Stadion yang diklaim terbaik di wilayah Asia Tenggara itu pada hakekatnya digagas di era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso (1997-2007), namun baru terealisasi sekarang.

“JIS ini karya besar yang orang tidak bisa menutup mata, bahwa ini karya besar dan JIS ini impian dan pikiran hampir semua Gubernur, itu menurut saya,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik pada Jumat (31/12/2021) malam.

Video: Stadion JIS Siap Digunakan untuk Perhelatan Sepak Bola hingga Konser BTS

Taufik mengatakan, gagasan pembangunan stadion sepak bola bertaraf internasional di Ibu Kota sudah ada sejak era Gubernur Sutiyoso.

Saat itu Taufik yang masih bertugas menjadi Manager Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta Utara (Persitara) berdiskusi dengan Sutiyoso, bahwa Pemprov DKI Jakarta harus memiliki stadion yang dikelolanya sendiri.

“Waktu itu saya bilang, pak (Sutiyoso) Jakarta tidak punya stadion. Gelora Bung Karno bukan punya kita (Pemprov DKI), dan yang di Lebak Bulus itu bukan stadion, tapi buat tarkam (antar kampung). Akhirnya ketemulah tanah BMW (bersih, manusiawi, wibawa) di lokasi JIS sekarang,” jelas Taufik.

Baca juga: Grand Launching Jakarta International Stadium April 2022, Warga Bisa Coba Lapangan Latih JIS

Baca juga: Delapan Grup Media Jajal Lapangan Latih Jakarta International Stadium (JIS) Berstandar FIFA

Meski lokasi telah ditetapkan, namun proyek stadion internasional di Taman BMW tidak kunjung dikerjakan.

Namun ketika Anies Baswedan mulai menjabat sebagai Gubernur DKI tahun 2017, proses perencanaan dan pembangunannya mulai terlihat.

“InsyaAllah bulan Maret 2022 diresmikan dan publik harus melihat betapa ini (JIS) jadi karya besar anak bangsa, karena seluruhnya orang Indonesia yang mengerjakan,” ungkap Taufik dari Fraksi Gerindra ini.

Taufik berceritan keunggulan Jakarta International Stadium yang kualitasnya tidak kalah dengan stadion-stadion sepak bola di benua Eropa.

Baca juga: Gubernur Anies Rasakan Gema Adzan Pertama Kali di JIS

Hal itu dikatakan Taufik usai menyempatkan diri meninjau progres pembangunan JIS beberapa waktu lalu.

“Di bagian paling atas stadion JIS itu ada jogging trek. Saya rasa itu bisa jadi objek wisata olahraga, dan itu karya yang tidak bisa dipungkiri. Kemudian dari sisi kapasitas juga lebih banyak mencapai 82.000 penonton,” jelas Taufik.

Seperti diketahui, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, mengungkap proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) telah mencapai 92 persen.

Rencananya soft launching stadion tersebut akan dilakukan pada Februari 2022 mendatang atau ketika ajang Formula E di Kawasan Ancol Jakarta Utara sudah siap digunakan 100 persen pada 4 Juni 2022.

Baca juga: Transjakarta Buka Rute Baru Bus dari Harmoni ke Jakarta International Stadium (JIS)

“Soft launching Februari. (Pas Formula E), malah sudah grand launching,” kata Widi. (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved