Di Malam Tahun Baru 2022, Dinas LH Hanya Siagakan 1.260 Personel Kebersihan

sebelum pandemi bahkan jumlah petugas kebersihan yang dikerahkan mencapai 7.000 orang lebih

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/ Yolanda Putri Dewanti
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan mengerahkan 1.260 personel petugas kebersihan yang disiagakan di Ibu Kota saat malam tahun baru 2022 pada Jumat (31/12/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan angka ini lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang menembus hingga 1.680 orang.

“Ketika diperlukan, pasukan orange yang bersiaga bisa dengan cepat dikerahkan ke lapangan,” ujar Asep berdasarkan keterangannya pada Rabu (29/12/2021).

Alasannya, pemerintah pusat saat ini memberlakukan pembatasan aktivitas masyarakat di area publik seperti taman, tempat wisata dan lainnya yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Menurut Asep, sebelum pandemi bahkan jumlah petugas kebersihan yang dikerahkan mencapai 7.000 orang lebih. Mereka dikerahkan di enam wilayah Jakarta, seperti Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu.

“Untuk tahun ini, kami hanya menurunkan 1.260 petugas saja mengingat keramaian malam tahun baru dibatasi dana agar tidak menimbulkan kerumunan,” katanya.

Baca juga: Antisipasi Sampah Malam Tahun Baru, 500 Satgas Sudin LH Jakarta Timur Disiagakan di 11 Titik

Asep mengatakan, pihaknya juga membuka kanal-kanal dan hotline pengaduan penanganan sampah. Selain melalui CRM di Aplikasi JAKI, masyarakat juga bisa menyampaikan melalui sosial media Dinas Lingkungan Hidup maupun Pemprov DKI Jakarta.

“Jadi di setiap kecamatan kami mengerahkan minimal 30 petugas untuk bersiaga. Selain personel dari Sudin Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan, kami juga menyiagakan petugas dari UPK Badan Air untuk membantu dan bekerjasama dengan PPSU Kelurahan di wilayahnya masing-masing,” jelas Asep.

Dia menambahkan, petugas yang dikerahkan juga menyesuaikan dengan kebijakan pembatasan yang dilakukan pemerintah daerah.

Hal ini sebagaimana Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1473 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Covid-19.

Keputusan ini mengatur pelaksanaan pembatasan khusus selama Natal dan Tahun Baru itu diberlakukan selama 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Pembatasan dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang terjadi melalui interaksi langsung antarwarga.

Sementara, Suku Dinas LH Jakarta Timur mengerahkan 500 personel satuan tugas (Satgas) Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Timur dikerahkan untuk mengantisipasi sampah saat malam pergantian tahun, Jumat (31/12/2021).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Timur, Wahyudi Rudianto mengatakan 500 satgas tersebut disebar di sejumlah titik untuk antisipasi timbunan sampah perayaan malam tahun baru.

Wahyudi menambahkan seluruh personel itu akan mulai bergerak pukul 00.00 WIB hingga pagi hari. Sehingga sampah yang ditimbulkan saat malam pergantian tahun bisa langsung ditangani.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved