Virus Corona

Sertifikat Vaksin Covid-19 Bisa Di-download dari WhatsApp, Simak Langkah-langkahnya Berikut Ini

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan aplikasi bertukar pesan WhatsApp telah meluncurkan Chatbot Whatsapp PeduliLindungi.

Instagram/@kemenkes_ri
Tangkapan layar akun Instagram @Kemenkominfo tentang cara mudah mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 via WhatsApp dari HP. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --  Pemerintah telah membatalkan rencana pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 3 di Indonesia.

Semula, Pemerintah akan menerapkan PPKM level 3 untuk menghadapi lonjakan libur Natal 2021 dan libur Tahun Baru 2022, namun akhrnya dibatalkan.

Meskipun PPKM level 3 dibatalkan saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polda Metro Jaya memastikan akan tetap membuat Jakarta sepi ketika malam natal dan tahun baru.

Video: Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Urus Administrasi

Sebelumnya, melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Pemerintah bermasud menerapkan PPKM level 3.

Namun akhirnya Pemerintah tidak jadi menerapkan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pemerintah akan membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah.

Baca juga: Jelang Nataru, Polres Jakbar Gelar Pengamanan di Tiga Titik dan Operasi Lilin di Kampung Narkoba

Baca juga: Wagub Ariza Larang Perayaan Nataru di Jakarta yang Timbulkan Kerumunan

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi saat ini.

Namun, akan diterapkan beberapa pengetatan.

Sertifikat vaksin Covid-19

Sementara itu untuk membuktikan seseorang telah divaksin Covid-19, selain melalui aplikasi PeduliLindungi, juga bisa dengan menunjukkan bukti fisik berupa cetak sertifikat vaksin Covid-19.

Untuk memudahkan dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan aplikasi bertukar pesan WhatsApp telah meluncurkan Chatbot Whatsapp PeduliLindungi.

Baca juga: Meski PPKM Level 1, Anies Resmi Larang Pesta Perayaan Nataru yang Timbulkan Kerumunan

Melalui aplikasi Chatbot Whatsapp PeduliLindungi, saat ini Sertifikat Vaksin Covid-19 bisa diunduh atau di-download melalui WhatsApp dari handphone.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masyarakat sempat dibuat heboh dengan berita terkait jasa cetak sertifikat vaksin Covid-19, sehingga akhirnya pihak kepolisian pun turun tangan.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved