Pertamina Dukung Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pendanaan UMK di Tasikmalaya

PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen mendukung pengembangan Usaha Mikro dan Kecil.

Editor: Lucky Oktaviano
Dok PT Pertamina (Persero) Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat
Produk olahan pisang “Sale Pisang Kharisma” milik Asep Abdul Muiz di Tasikmalaya. Ini adalah salah satu produk yang di-support PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Regional Jawa Bagian Barat. Mereka terus berkomitmen mendukung pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Hal ini dilakukan di semua sektor pada mitra binaannya seperti 

WARTAKOTALIVE.COM, TASIKMALAYA -- PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen mendukung pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Hal ini dilakukan di semua sektor pada mitra binaannya seperti produk olahan pisang “Sale Pisang Kharisma” milik Asep Abdul Muiz di Tasikmalaya.

Pertamina memberikan kesempatan kepada Asep Abdul Muiz untuk mengembangkan usahanya dalam memproduksi olahan pisang yang memiliki nilai jual dan membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar.

“Awal munculnya ide untuk mengolah pisang agar mempunyai nilai jual dan mendapatkan profit, karena di pasar banyak sekali pisang yang terbuang di setiap lapak pedagang yang kemudian menimbulkan ide untuk mengolah pisang tersebut. Modal awal usaha sekitar Rp 1 juta pada tahun 2006 dengan melibatkan lima orang pegawai serta ibu-ibu tetangga sekitar rumah, “ kata Asep.

Baca juga: Pertamina, Gojek dan Gesits Hadirkan SPBKLU, Akan Ada 500 Motor Listrik Gesits Dipakai Mitra Gojek

Olahan pisang yang diproduksi menghasilkan beberapa produk seperti, Sale Jari Pisang Ambon dengan harga Rp. 200 ribu/ Bal (5kg) atau Rp 40 ribu /kg dan Sale Jari Pisang Campur Rp. 150 ribu/ Bal (5kg) atau Rp 30 ribu/kg.

Perjalanan usaha Asep mencapai puncaknya di tahun 2008 sampai 2014, dia berhasil meraih omzet Rp 50 juta/bulan atau 1,5 ton sale/bulan.

Komitmen Asep dalam membuka lapangan pekerjaan untuk membantu program pemerintah dalam mengurangi pengangguran di Indonesia kini menemukan titik terang.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Hadirkan Kios Matic untuk Permudah Layanan Pembelian Bright Gas

Pada tahun 2020, Asep bergabung menjadi mitra binaan Pertamina. Usahanya mendapatkan bantuan pendanaan serta bimbingan usaha.

Dana yang diterima dipergunakan untuk menambah modal pembelian bahan baku, alat-alat kerja dan operasional pendukung lainnya.

Berkat ketekunan menjalankan usahanya serta dukungan dari Pertamina, Asep mampu meningkatkan pendapatannya sampai 50 persen.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved