ONE Championship

Eko Roni Saputra Pulang ke Samarinda dan Akan Bangun Fasilitas MMA Tercanggih

Eko yang kini berusia 30 tahun adalah salah satu seniman bela diri paling berbakat dari Indonesia dan saat ini merupakan atlet MMA paling disegani

Editor: Umar Widodo
onefc.com
Eko Roni Saputra petarung MMA asal Indonesia yang bergabung di tim Evolve MMA Singapura 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Juara gulat Indonesia dan bintang kelas flyweight ONE Championship berjuluk “Dynamite” yang sedang naik daun yaitu Eko Roni Saputra. 

Saat ini dia telah memiliki pencapaian yang luar biasa sepanjang karirnya sehingga ia merasa terdorong untuk berbalas budi kepada masyarakat yang telah berjasa kepadanya.

Eko yang kini berusia 30 tahun adalah salah satu seniman bela diri paling berbakat dari Indonesia dan saat ini merupakan atlet MMA paling disegani di negaranya.

Dia dibesarkan dalam lingkungan kemiskinan di Pulau Kalimantan tepatnya di Kota Samarinda.

Ayahnya mengajarinya tinju disamping pekerjaanya sebagai penjual makanan laut (sea food) di pasar.

Pada usia 5 tahun, Eko memilih seni bela diri sebagai jalan hidupnya yang kemudian mengubah seluruh kehidupannya hingga menjadi seperti sekarang.

Petarung MMA Indonesia Eko Roni Saputra mudik ke kampung halamannya di Kota Samarinda, Kalimantan Timur dan ingin mendirikan Gym di lahan yang dimilikinya
Petarung MMA Indonesia Eko Roni Saputra mudik ke kampung halamannya di Kota Samarinda, Kalimantan Timur dan ingin mendirikan Gym di lahan yang dimilikinya (onefc.com)

Berbicara kepada ONE Championship dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Eko mengatakan bahwa dia baru saja membeli sebidang tanah yang diperoleh dari penghasilannya sebagai seorang petarung MMA profesional.

Rencananya lahan tersebut akan digunakan untuk membangun serangkaian sasana (gym) khusus seni bela diri modern di kota kelahirannya.

“Saya berencana membangun MMA Center di Samarinda. Saya ingin ini menjadi tempat untuk menciptakan dan membina bintang-bintang masa depan Indonesia. Impian saya adalah membuat fasilitas yang besar dan modern, jadi ini adalah langkah pertama saya untuk mewujudkannya dan saya tidak ingin ini hanya menjadi sekedar gym biasa,” kata Eko.

Baca juga: Petarung MMA Eko Roni Saputra Berburu Peringkat 5 Besar Dikelas Flyweight Awal Tahun 2022

Baca juga: Eko Roni Saputra Menang KO Spektakuler 10 Detik Ronde Pertama Atas Liu Peng Shuai

“Setelah saya melihatnya di Evolve dan gym lainnya di Amerika, semuanya sangat canggih sehingga saya ingin membuat gym serupa dengan peralatan dan fasilitas terbaik untuk menghasilkan (atlet) terbaik. Itulah tujuan saya dan saya telah mengambil langkah pertama. Semoga dapat segera terealisasi.”

Eko tidak ingin fasilitas yang dibangunnya itu hanya menjadi gym biasa, ia menginginkan gym terbaik dari yang terbaik, seperti halnya tempat dia berlatih saat ini.

Dia sendiri telah menjadi bagian dari tim terkenal di dunia yakni Evolve MMA yang berbasis di Singapura sejak tahun 2019.

Bergabung bersams dengan Juara Dunia ONE Bantamweight Muay Thai Nong-O Gaiyanghadao dan Juara Dunia ONE Women’s Strawweight Xiong Jing Nan, dan petarung top lainnya.

Di Evolve MMA, para atlet memiliki akses langsung terhadap peralatan dan teknologi terbaik. Inilah yang ingin dibawa oleh Eko ke Indonesia.

“Saya menginginkan fasilitas dengan kualitas terbaik, matras terbaik, sauna terbaik, jacuzzi terbaik, dan semuanya yang terbaik. Saya ingin itu memenuhi standar tertinggi melahirkan lebih banyak Eko Roni Saputra lainnya. Saya menerima banyak masukan dari teman-teman Indonesia saya yang mendorong untuk membuka sebuah gym,” kata Eko.

“Ini adalah sebuah pencapaian bagi saya dan keluarga. Bermula dari tidak memiliki rumah hingga membeli beberapa bidang tanah. Pindah ke Singapura, berkarir profesional, dan [membeli tanah] di kampung halaman terasa seperti mimpi. Saya bersyukur dapat berinvestasi untuk masa depan saya dan keluarga.”

“Tujuannya untuk mendirikan gym lain di kota-kota lainnya. Saya juga ingin merekrut pelatih dengan kualitas terbaik.”

Setelah hampir dua tahun jauh dari rumahnya di Indonesia dan tinggal di Singapura untuk berlatih di Evolve MMA, Eko akhirnya pulang ke Samarinda untuk sejenak beristirahat dan berinvestasi.

Dengan mendirikan tempat-tempat yang akan membantu para pemuda mengejar impian mereka dan memberikan mereka kesempatan untuk meniti karir seni bela diri seperti yang dia lakukan, Eko yakin bintang terbesar berikutnya dari Indonesia hanya menunggu untuk ditemukan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved