Breaking News:

Tingkatkan Pelayanan, Tiga Rumah Sakit di Jakarta Utara Manfaatkan Uang Muka Pelkes BPJS Kesehatan

Tiga rumah sakit di Jakarta Utara memanfaatkan Uang Muka Pelayanan Kesehatan (UM Pelkes) BPJS Kesehatan Jakarta Utara untuk meningkatkan pelayanan.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
BPJS Kesehatan Jakarta Utara melakukan terobosan dalam UM Pelkes untuk meningkatkan pelayanan bagi peserta JKN. 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA - Sebanyak tiga rumah sakit yang ada di Jakarta Utara memanfaatkan Uang Muka Pelayanan Kesehatan (UM Pelkes) BPJS Kesehatan Jakarta Utara untuk meningkatkan pelayanan bagi peserta JKN.

Kabid Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Jakarta Utara Rahmat Ritonga mengatakan per 1 November 2021 kemarin itu pihaknya melakukan terobosan dalam bentuk UM Pelkes. 

Inovasi ini diharapkan bisa tingkatkan kepuasaan rumah sakit sebagai pemberi layanan kesehatan yang akan berdampak signifikan terhadap kualitas layanan kepada peserta JKN KIS.

Baca juga: BPJS Kesehatan Sinergi dengan BCA Learning Institute Perluas Cakupan Kepesertaan JKN-KIS

“Tujuan pemberian UM Pelkes kepada Fasiliitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN,” ucap Rahmat, Jumat (17/12/2021). 

Rahmat menambahkan program pemberian UM Pelkes ini memperhatikan likuiditas dari BPJS Kesehatan yang salah satunya dipengaruhi dari kepatuhan peserta JKN dalam membayar iuran.

“Khusus di Jakarta Utara pemberian UM Pelkes untuk tiga rumah sakit ada Rp 9.009.194.000,” sambung Rahmat. 

UM Pelkes dihitung berdasar capaian indikator kepatuhan rumah sakit dan besaran pengajuan klaim yang diajukan dan tertuang dalam Berita Acara Kelengkapan Berkas (BAKB) Klaim. 

FKTL seperti RS/Klinik Utama/Instalasi Farmasi RS/Apotek yang bisa memanfaatkan UM Pelkes hanya yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan paling sedikit satu tahun. 

Khusus Instalasi Farmasi RS/Apotek, pengajuan klaim yang tertera di Berita Acara Kelengkapan Berkas Klaim (BAKB Klaim) maksimal 30%. 

Sementara untuk rumah sakit pemberian UM Pelkes mulai 30% hingga 60% dari pengajuan klaim yang tertera di Berita Acara Kelengkapan Berkas Klaim (BAKB Klaim). 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved