Resmikan Alun-Alun Kota Bogor, Bima Arya Menyatukan Kembali Taman Wilhelmina dan Stasiun Kota Bogor

Kota Bogor resmi memiliki kini memiliki alun-alun kota yang sarat nilai sejarah dengan menyatukan kembali Taman Wilhelmina dan Stasiun Bogor.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Hironimus Rama
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meresmikan Alun-alun Kota Bogor dengan melepas burung merpati sebagai simbol harmoni dan kebebasan. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Kota Bogor resmi memiliki ruang publik baru berupa alun-alun kota.

Uniknya, alun-alun ini memiliki makna sejarah bersatunya kembali Taman Wilhelmina dan Stasiun Bogor yang merupakan ikon kota peninggalan Belanda.

Alun-Alun Kota Bogor ini berlokasi di bekas Taman Topi di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor.

Lokasinya sangat strategis karena berlokasi persis di samping Stasiun Bogor.

Peresmian Alun-Alun Kota Bogor ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto pada Jumat (17/13/2021).

Baca juga: Wujudkan Karsa Bogor Berkeadaban, Ini Lima Program dari Pemkab Bogor

Acara peresmian ikon baru Kota Bogor ini ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama Forum Komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kota Bogor dan berbagai intansi.

"Alhamdulillah hasilnya sangat baik. Saya kasih nilai 9 atas desainnya, konsepnya, dan pengerjaannya. Tinggal dalam prosesnya dijaga," kata Ridwan, Jumat (17/12/2021).

Pria yang biasa disapa Kang Emil ini memaparkan Alun-Alun Kota Bogor ini sangat istimewa karena punya dimensi sejarah yang tidak semua kota kabupaten di Jawa Barat miliki.

"Kehadiran Alun-alun Kota Bogor ini akan menaikan kelas Kota Bogor sebagai kota aman dan nyaman dengan dilengkapi dengan fasilitas transportasi publik yang sudah sangat baik," paparnya.

Baca juga: Ribuan ASN Pemkab Bogor Memasuki Masa Pensiun, Ini Pesan Bupati Ade Yasin

Kang Emil menambahkan Alun-alun Kota Bogor dibangun dari hibah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kota Bogor menjadi satu dari 27 kota kabupaten di Jawa Barat yang diberikan hibah untuk pembangunan alun-alun sebagai identitas dari kota Kabupaten masing-masing," jelasnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkapkan Alun-alun Kota Bogor ini bukan hanya tempat berkumpul dan berolahraga, tapi juga sebagai ikhtiar untuk membangun kebersamaan warga dan untuk membangun peradaban kota.

Baca juga: Wujudkan Karsa Bogor Berkeadaban, Ini Lima Program dari Pemkab Bogor

"Tidak ada kota yang maju dan kuat tanpa warganya yang bersama-sama membangun kota," ungkapnya.

Bima Arya mengisahkan sejarah alun-alun sejak zaman Belanda.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved