Universitas Indonesia Beri Apresiasi Bagi Penggerak Sentra Vaksin dan Hibahkan Ambulans

Universitas Indonesia memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para penggerak Sentra Vaksin UI.

dok. Humas UI
Malam Apresiasi Penggerak Sentra Vaksin Universitas Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para penggerak Sentra Vaksin UI, lewat acara “Malam Apresiasi Penggerak Sentra Vaksin Universitas Indonesia”.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Direktorat Kerja Sama UI, dilaksanakan secara hybrid, bertempat di Auditorium Makara Art Center UI, Kampus Depok. Acara ini ditayangkan juga melalui kanal Youtube Makara Art Center dan UI Teve, Jumat (10/12/2021).

Hadirnya Sentra Vaksin UI merupakan bentuk nyata dukungan UI kepada pemerintah dalam mewujudkan percepatan kekebalan komunitas (herd immunity) di Indonesia.

“Banyak unsur yang membantu, tidak terlepas dari peran dan perjuangan para tenaga kesehatan (nakes), relawan, tenaga pendukung kesehatan, serta dukungan dari institusi pemerintah dan swasta,” ujar Ketua Organizing Committee Sentra Vaksin Mahasiswa Indonesia (SVMI), Dr. Tito Latif Indra, M.Si., dalam keterangan resmi, Selasa (14/12/2021).

Malam Apresiasi Penggerak Sentra Vaksin Universitas Indonesia.
Malam Apresiasi Penggerak Sentra Vaksin Universitas Indonesia. (dok. Humas UI)

Dalam laporannya, Dr. Tito mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik internal maupun eksternal UI atas dukungannya pada kegiatan SVMI.

“Setelah sekitar enam bulan para penggerak vaksin berjibaku melakukan vaksinasi untuk melawan Covid-19, kami ingin memberikan penghargaan dan apresiasi kepada mereka. Yang kami suguhkan dalam Malam Apresiasi ini memang belum sebanding dengan pengorbanan mereka,” katanya.

Dalam kegiatan ini diserahkan piagam penghargaan kepada para perwakilan penggerak sentra vaksin yang terdiri dari para dokter, tenaga medis, pimpinan lembaga, para mitra atau sponsor dan relawan.

Penghargaan akan diberikan pada empat kategori, masing-masing adalah kategori dokter, perawat, pendukung administrasi, relawan dan sponsor. Masing-masing katagori akan diwakili oleh satu orang untuk menerima penghargaan.

Sementara, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam pidato sambutannya mengatakan bahwa, tujuan utama sentra vaksin ini agar mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai herd immunity, serta melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Adapun total peserta yang tervaksinasi pada Sentra Vaksin UI meliputi RSUI sebesar 160 ribu akseptor vaksin, 23 ribu akseptor di Klinik Satelit Makara, dan 4500 akseptor di RSKGM.

”Dengan total penerima vaksin mendekati 200 ribu warga masyarakat di wilayah Jabodetabek atau warga yang memiliki KTP seluruh Indonesia, Baduy, Banten, serta Cisarua, Jawa Barat,” jelas Ari Kuncoro.

Dalam kesempatan tersebut, UI juga memberikan hibah ambulans SVMI yang penyerahan secara simbolisnya diberikan oleh Prof. Dedi kepada perwakilan Klinik Satelit Makara UI.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian apresiasi kategori perjuangan kepada tenaga kesehatan (nakes) dokter dan perawat dari Rumah Sakit UI, RSKGM, dan Klinik Satelit Makara UI, yang disaksikan oleh Kepala Bappeda Kota Depok.

Untuk apresiasi kategori pengorbanan diberikan kepada perwakilan dari Rumah Sakit UI dan Klinik Satelit Makara UI.

Selain itu, apresiasi kategori pemersatu penggerak Sentra Vaksin UI diberikan kepada Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kota Depok, Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BTN, PT XL Axiata, Toyota, Wings Group, PT Paragon, dan Salim Group.

Tak hanya itu, UI juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat sebagai mitra kolaborator dalam kegiatan Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia. (dip)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved