Go Global, Mitra Binaan Kopi Sipirok Pertamina Tembus Pasar Amerika Serikat

Pertamina selalu berupaya menumbuhkan optimisme pada setiap UKM binaannya melalui program kemitraan.

dok. Pertamina
Mitra binaan UKM Pertamina yakni Sipirock Coffee tembus pasar Amerika Serikat. 

WARTAKOTALIVE.COM - PT Pertamina (Persero) melalui program kemitraan yang disalurkan oleh Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat selalu berupaya menumbuhkan optimisme pada setiap UKM binaannya.

Para pelaku usaha mikro dan kecil ini akan didampingi hingga naik kelas yang ditandai dengan meningkatnya produksi dan omzet pemasaran, serta diterimanya sejumlah sertifikasi dan perizinan usaha.

Seperti yang dirasakan pemilik Usaha Sipirock Coffee, Ayub S. Pulungan, yang baru beberapa bulan menjadi mitra binaan, ia selangkah lebih dekat untuk dapat mengantongi beberapa sertifikat untuk usaha kopi khas Tapanuli miliknya.

“Saya mendapat kesempatan menjadi Mitra Binaan Pertamina dan setelahnya langsung dibantu mendapat kesempatan tawaran mengikuti pameran-pameran di luar negeri, sangat bersyukur sekali” ujarnya.

Produk kopi Arabica yang diproduksi Mitra UKM binaan Pertamina, Sipirock Coffee.
Produk kopi Arabica yang diproduksi Mitra UKM binaan Pertamina, Sipirock Coffee. (dok. Pertamina)

Selain itu, manfaat lain yang sudah dirasakan Ayub adalah meningkatnya hasil produksi usaha kopinya. Setelah mendapatkan bantuan dan binaan Pertamina.

“Kami langsung merencanakan kepindahan cafe ke lokasi yang lebih luas dan strategis yang dananya bersumber dari Pertamina,” imbuhnya.

Sipirock Cofee sendiri dirintis oleh Ayub dengan mendirikan Kafe Sipirock sejak 3 tahun lalu di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Kafe Sipirock Coffee.
Kafe Sipirock Coffee. (dok. Pertamina)

Kafe ini memang didirikan dengan semangat mengangkat kopi Sipirok dan kekayaan kulinernya. Untuk menaikkan nilai jual kopi pasca panen, ia pun memproses terlebih dahulu biji kopi.

 “Ada process Wina, Honey, Natural, dan Semi wash,” jelasnya.

Usaha yang berbasis di Jakarta dengan bersumber dari biji kopi dari Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini tidak dilakoni sendirian.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved