Berita Nasional

Pulihkan Ekonomi Bangsa, Sandiaga Uno Harapkan Pelaku Parekraf Maksimalkan Teknologi di Era Digital

Pulihkan Ekonomi Bangsa, Sandiaga Uno Harapkan Pelaku Parekraf Maksimalkan Teknologi di Era Digital. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika menghadiri Customer Experience (CX) Summit 2021 yang digelar Indonesia CX Professional (ICXP) dan Telkom bertajuk 'Revive and Thrive Your Business by Transforming Customer Experience' secara virtual pada Kamis (9/12/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pandemi covid-19 bersampak langsung terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional.

Hal tersebut terlihat dari menurunnya tren konsumsi dan menurunnya wisatawan domestik dan internasional selama masa pandemi.

Namun, pada saat yang bersamaan, terdapat sejumlah sektor yang menjadi pemenang, seperti fesyen, kuliner dan kriya yang terdigitalisasi.

Kontribusi ketiga sub sektor ekonomi kreatif terhadap pendapatan domestik brutto (PDB) bahkan naik hingga sebesar 7,5 persen atau senilai Rp 1.100 triliun.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika menghadiri Customer Experience (CX) Summit 2021 yang digelar Indonesia CX Professional (ICXP) dan Telkom bertajuk 'Revive and Thrive Your Business by Transforming Customer Experience' secara virtual pada Kamis (9/12/2021).

Oleh karena itu, melalui tema 'Optimism for Revival of Tourism and Business in Indonesia Towards 2022', dirinya berharap event ini dapat meningkatkan partisipasi pelaku wisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Penyandang Disabilitas di Kemayoran Tewas Dibunuh Perampok

Baca juga: Polisi Ungkap Alasan di Balik Kasus Video 19 Detik Gisella Anastasia Berlanjut

Tujuanya untuk bisa mendapatkan pencerahan, ide-ide baru dalam menghadapi isu-isu customer experience dengan berorientasi pada menghadirkan pengalaman pelanggan yang terbaik.

“Saya berharap kedepannya event ini dapat menginspirasi para pesertanya sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mengajak kembali agar mau menggunakan layanan terbaik oleh perusahaan organisasi melalui pemanfaatan teknologi semaksimal mungkin," ungkap Sandiaga Uno.

"Mengingat pemanfaatan teknologi digital seperti saat ini sangat bermanfaat pengembangan e-commerce khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Dominasi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, memberikan dukungannya di acara CX Summit yang diadakan oleh Telkom.

Dia memaparkan kembali dominasi UMKM yang memiliki kontribusi cukup besar pada PDB Nasional.

Data Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan jika UMKM mendominasi 99,9% pelaku usaha di Indonesia, berkontribusi sebanyak 61% terhadap PDB nasional, mampu menyerap tenaga kerja hingga 97 persen dan kontribusi pada ekspor sebesar 14,37%. 

“Pelaku UMKM memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan dan pemulihan ekonomi nasional. Di tengah disrupsi karena pandemi dan disrupsi digital gelombang kedua, transformasi digital menjadi sangat penting bagi UMKM," jelas Teten.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved