Berita Nasional

Genjot Ekspor Produk UMKM, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Lebarkan Pasar hingga Belanda

Genjot Ekspor Produk UMKM, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Lebarkan Pasar hingga Belanda. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Ketua Umum DPD IWAPI DKI Jakarta, Endah Ansoroeddin (hijab) dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah III - DPD DKI Jakarta bertajuk 'Kebangkitan IWAPI DKI Pasca Pandemi Melalui Pengembangan Usaha Dengan Bermitra dan Berkolaborasi Dalam Semua Sarana Digitalisasi Untuk Meraih Pasar Dunia' di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (8/12/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Genjot ekspor beragam produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi DKI Jakarta mengklaim akan melebarkan pasar hingga ke Belanda pada akhir 2021.

Beragam produk UMKM yang akan diekspor ke Negeri Kincir Angin itu di antaranya baju muslim, kopi, rempah-rempah dan lainnya.

Kabar baik itu disampaikan Ketua Umum DPD IWAPI DKI Jakarta, Endah Ansoroeddin dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah III - DPD DKI Jakarta bertajuk 'Kebangkitan IWAPI DKI Pasca Pandemi Melalui Pengembangan Usaha Dengan Bermitra dan Berkolaborasi Dalam Semua Sarana Digitalisasi Untuk Meraih Pasar Dunia' di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (8/12/2021).

Dalam kesempatan terebut, Endah menyampaikan kepastian ekspor diperoleh setelah pihaknya melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Belanda.

Endah memaparkan, dalam setahun belakangan pergerakan IWAPI DKI Jakarta memang sedikit terkendala akibat pandemi Covid-19.

“Seiring berjalannya waktu dan adanya teknologi, akhirnya yang namanya jarak dan waktu itu tidak menjadi sebuah halangan. Makanya, kita harus terus menjalankan usaha dengan berkolaborasi. Biar bagaimana pun usaha ini sudah berjalan dan ikut memulihkan perekonomian nasional,” kata Endah.

Baca juga: Sektor UMKM di Medan Mulai Bangkit, Pelaku Usaha Kuliner Youtap Meningkat Hingga 122 Persen

Baca juga: UMKM Pamer Inovasi dan Kolaborasi Membangun Negeri di Arena GIIAS 2021

Tak hanya Belanda, Endah menuturkan pihaknya juga sudah berencana melakukan ekspor produk UMKM ke Perancis dan Malaysia.

“Kami punya harapan bahwa produk anggota IWAPI DKI bisa kami bawa menembus pasar dunia. Paling tidak dengan network kami yang ada,” ujar Endah.

Diketahui, saat ini yang aktif tergabung dalam IWAPI DKI Jakarta berjumlah 500 pelaku usaha perempuan.

IWAPI Jakarta sendiri juga membuka pelatihan untuk ekspor bagi para anggotanya.

Dari skala mikro sampai menengah, ia menuturkan, pihaknya juga memberikan pembimbingan sampai memberikan akses permodalan untuk ekspor. 

“Langkah ini, diharapkan dapat mensejahterakan anggota, memberdayakan perempuan agar dapat memutarkan roda perekonomian Indonesia,” tutupnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved