Breaking News:

Hindari Siswa Learning Loss, Ruangguru Sediakan Layanan Konsultasi 24 Jam Melalui WhatsApp

Guna menghindari learning loss, Ruangguru menambahkan fitur baru dalam ruanglesonline, yaitu layanan layanan konsultasi 24 jam.

istimewa
Ruangguru menambahkan fitur baru dalam ruanglesonline, yaitu layanan konsultasi 24 jam. 

WARTAKOTALIVE.COM - Pandemi Covid-19 turut berdampak pada dunia pendidikan Indonesia, dengan terbatasnya kegiatan belajar mengajar yang bisa dilakukan secara tatap muka.

Sejumlah tantangan dialami siswa saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih terus berlangsung hingga saat ini. Bagi sekolah-sekolah yang telah menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pun, siswa hanya dapat masuk sekolah tiga hari dalam seminggu dengan kapasitas kelas lima puluh persen, sehingga sebagian besar kegiatan belajar-mengajar masih berlangsung secara daring.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membawa tantangan tersendiri bagi siswa. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), sebanyak 77,8 persen siswa menyebutkan kesulitan mengerjakan tugas yang banyak sebagai masalah terbesar yang mereka hadapi saat PJJ.

Dari survei yang sama, ditemukan sejumlah 79,9 persen siswa menyatakan interaksi dengan guru sangat minim ketika PJJ berlangsung dan interaksi hanya terjadi saat guru memberikan tugas. Fenomena ini dapat menyebabkan penurunan minat dan motivasi belajar siswa yang akan menimbulkan learning loss atau kemunduran proses akademik.

Guna menghindari learning loss, platform bimbingan belajar daring yaitu Ruangguru kini menambahkan fitur baru dalam ruanglesonline, yaitu layanan konsultasi 24 jam.

VP Marketing Ruangguru Ignatius Untung Surapati mengatakan, layanan konsultasi secara online ini hadir untuk memudahkan siswa bertanya seputar materi pelajaran dengan mitra pengajar ruanglesonline melalui live chat.

“Konsultasi online yang dapat diakses melalui WhatsApp ini memudahkan siswa untuk mengatasi kesulitan belajar kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhannya,” ujar Untung dalam keterangan resmi, Rabu (8/12/2021).

Untung menambahkan, produk ruanglesonline hadir sebagai teman belajar yang fleksibel, praktis, dan selalu ada, tanpa harus menentukan jadwal pertemuan terlebih dahulu, khususnya saat mendekati masa-masa ujian di mana siswa membutuhkan pendampingan belajar ekstra menghadapi banyaknya materi yang dipelajari. 

“Produk ruanglesonline tersedia untuk berbagai mata pelajaran jenjang SD-SMA dan dapat diakses di WhatsApp dengan mengetik “TANYA SOAL” lalu mengirimkannya ke nomor 0815-7815-0000 atau dengan mengunjungi http://bit.ly/tanyarlo,” jelas Untung

Selain itu, lanjut Untung, produk ini juga dapat ditemukan dalam aplikasi Ruangguru. Cara penggunaannya sangat mudah, siswa cukup memfoto soal atau materi pelajaran yang ingin dibahas dan mengirimkannya melalui kolom chat.

“Dalam waktu singkat, siswa akan terhubung dengan mitra pengajar yang tersedia dan dapat memulai konsultasi seputar materi pelajaran,” ungkapnya.

Untuk memudahkan komunikasi, pengajar dan siswa juga dapat mengirim rekaman suara. Setiap sesi konsultasi memerlukan 1 koin yang bisa didapatkan di WhatsApp, aplikasi Ruangguru (Android), situs web Ruangguru, serta platform e-commerce Shopee dan Tokopedia. (dip)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved