Pertamina Salurkan Perdana Produk Dex 10 PPM Standar EURO V di Indonesia

PT Pertamina Patra Niaga, melakukan penyaluran perdana BBM Pertamina Dex Sulfur 10 ppm di Indonesia bagi konsumen industri di wilayah Jabar.

dok. Pertamina
PT Pertamina Patra Niaga, melakukan penyaluran perdana BBM Pertamina Dex Sulfur 10 ppm standar EURO V di Indonesia bagi konsumen industri di wilayah Jawa Bagian Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, BALONGAN - PT Pertamina Patra Niaga, selaku Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) melalui Regional Jawa Bagian Barat, melakukan penyaluran perdana BBM Pertamina Dex Sulfur 10 ppm standar EURO V di Indonesia bagi konsumen industri di wilayah Jawa Bagian Barat.

Penyaluran BBM Pertamina Dex Sulfur 10 ppm standar EURO V tersebut bertempat di Refinery Unit Balongan, Selasa (7/12/2021).

PT Kilang Pertamina Internasional sebagai produsen BBM Pertamina Dex 10 ppm (part per million) ini melakukan sinergi bersama PT Pertamina Patra Niaga melakukan pendistribusian kepada beberapa end customer Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), penyaluran perdana ini akan diserap oleh PT Sadikun Niagamas Raya selaku Agen eksklusif  dan didistribusikan kepada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia serta konsumen lainnya.

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading, Eko Kristiawan menjelaskan ini merupakan langkah konkret Pertamina mengimplementasikan aturan terkait EURO IV dan meneruskan keberlanjutan penyaluran Pertamina Dex Sulfur 50 ppm yang mana pada September lalu telah disalurkan melalui Integrated Terminal Jakarta untuk konsumen industri di wilayah Jawa Bagian Barat.

“Adanya demand BBM jenis Gasoil dengan sulphur content max. 10 ppm (part per million) dari beberapa ATPM di wilayah Jawa Bagian Barat untuk kebutuhan initial filling dan engine test kendaraan yang akan diekspor keluar negeri yang sudah menerapkan standarisasi emisi EURO V inilah yang mendasari hadirnya Produk BBM Pertamina Dex Sulfur 10 ppm,” jelas Eko.

Ia menambahkan, Pertamina Dex Sulfur 10 ppm adalah bahan bakar diesel kualitas tertinggi dengan Cetane Number (CN) 53 dengan Sulphur Content 10 part per million yang menjaga lingkungan dengan standar EURO V hasil produk kilang dalam negeri.

Produk ini juga akan membuat mesin lebih tahan lama dan tangguh karena kandungan sulfur-nya yang sangat rendah.

“Produk BBM Industri Pertamina Dex 10 ppm ini kemudian disalurkan menuju ATPM, Industri Otomotif dan Produsen Peralatan Asli/Original Engine Manufacturer (OEM) di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat,” ujar Eko.

Eko menambahkan, nantinya jenis BBM Pertamina Dex 10 ppm ini secara bertahap bisa segera dinikmati masyarakat.

“Nantinya secara bertahap diharapkan masyarakat dapat segera menikmati produk Pertamina Dex 10 ppm yang ramah lingkungan dan kompatible dengan mesin kendaraan diesel terkini,” ungkapnya.

Untuk saat ini, produk Pertamina Dex 10 ppm baru diproduksi Kilang Balongan dan disalurkan melalui Integrated Terminal Jakarta - Plumpang dan secara bertahap akan tersedia di beberapa lokasi Fuel Terminal wilayah Jawa Bagian Barat lainnya.

Terkait produk dan layanan ritel maupun skala industri Pertamina lainnya, masyarakat dan seluruh mitra Pertamina dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved