Breaking News:

Berita Jakarta

Berulang Kali Kecelakaan, Pengamat Minta Pemeriksaan Menyeluruh Sopir dan Armada Bus Transjakarta

Perlu adanya pemeriksaan menyeluruh terhadap armada bus Transjakarta, bila sudah berusia di atas lima tahun maka harus dilakukan pemeliharaan rutin.

Warta Kota/ Muhamad Fajar Riyandanu
Foto dok: Proses evakuasi jenazah sopir bus Transjakarta yang mengalami kecelakaan beruntun di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Senin pagi 

WARTAKOTALIVE.COM GAMBIR -- Pengamat perkotaan dan transportasi Yayat Supriatna mengatakan terkait dengan kecelakaan bus Transjakarta yang sering terjadi, pihak management harus terlebih dahulu mengecek kesehatan para drivernya sebelum berkendara.

"Yang paling penting kita periksa kondisi kesehatan para drivernya dulu, takutnya drivernya kurang tidur artinya ada posisi kelelahan," ucap Yayat kepada wartawan, Minggu (05/12/21).

Lanjutnya, kata Yayat, tak hanya itu perlu juga adanya pemeriksaan menyeluruh terhadap armada bus Transjakarta apabila sudah berusia di atas lima tahun maka harus dilakukan pemeliharaan rutin.

Video: Bus Transjakarta Seruduk Pos Polisi Simpang PGC Cililitan

"Kemudian cek lagi kendaraannya, kendaraan nya itu layak jalan atau tidak, sudah di atas 5 tahun atau tidak. Kalau diatas lima tahun harus ada cek. kan ada pemeliharaan rutin," tambahnya.

Sebagai informasi, dalam kurun waktu 40 hari setidaknya ada lima kecelakaan, yakni di Cawang, Jakarta Timur, yang menyebabkan dua orang tewas, yakni sopir dan penumpang bus TransJakarta.

Selain di Cawang, juga ada kecelakaan tunggal di Senen, Gandaria dan pada Kamis 2 Desember 2021 di depan Pusat Grosir Cililitan (PGC).

Baca juga: Transjakarta Hentikan Sementara Operasi dari Mitra Operator yang Terlibat Kecelakaan

Baca juga: Pemicu Kecelakaan Bus Transjakarta Terkuak, Penyebabnya Sepele, Hanya karena Botol Air Mineral

Lalu pada Jumat kemarin terjadi kecelakaan tunggal bus TransJakarta di depan Ratu Plaza Jl Sudirman Jakarta. (m27)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved