Arief R Wismansyah Resmikan Kampung Potensi Terampil Manfaatkan Pakaian Bekas 

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah hadir dan meresmikan langsung Kampung POT (Potensi Terampil).

istimewa
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Resmikan Kampung Potensi Terampil Manfaatkan Pakaian Bekas 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBODAS - Penataan kampung bisa dilakukan dengan cara tematik. 

Dalam mendukung program Pemerintah Kota Tangerang yaitu Program Kampung Kita, Pemuda Karang Taruna Warga RW 016 Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas bersama Banksasuci Foundation bersinergi menata wilayah setempat menjadi Kampung Tematik.

Dengan konsep daur ulang pakaian bekas menjadi benda yang lebih berguna. 

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah hadir dan meresmikan langsung Kampung POT (Potensi Terampil) didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar Sopian.

Baca juga: PMI Kota Tangerang Kembali Membuka Sentra Vaksinasi Massal

Baca juga: Pendapatan Hotel dan Restoran di Kota Tangsel Meningkat, PHRI Tangsel Dukung Kebijakan PPKM Level 3

Sekaligus memberikan penghargaan Program Kampung Iklim Tingkat Kota dan Proklim Tingkat Nasional yang digelar di RW. 016 Kecamatan Cibodas Kelurahan Uwung Jaya, Minggu (5/12/2021).

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan bahwa di lingkungan RW. 016 ini mempunyai semangat membenahi Kota Tangerang. Dengan membentuk kampung tematik yang memanfaatkan pakaian bekas menjadi POT atau suatu produk yang mempunyai nilai jual.

"Ini menjadi suatu hal yang membanggakan, anak - anak muda yang mempunyai kreatifitas yang tinggi bisa menghasilkan sesuatu dengan memanfaatkan lingkungannya," ujar Arief.

"Infonya pakaian bekasnya didapat dari tetangga di lingkungan sini, dikumpulkan lalu dijadikan POT, dari bahan bekas menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual," sambungnya.

Baca juga: PHRI Kota Tangsel Dukung Penuh Penerapan PPKM Level 3 Pada Perayaan Nataru

Baca juga: Cerita Aksi Hidup Baik 21 Sosok Penggerak Literasi Jakarta Hadir di Pameran #IniJakarta

Lebih lanjut, Arief mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Program Kampung Iklim tingkat Nasional maupun tingkat kota yang telah membantu pemerintah dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lingkungannya.

"Untuk wilayah yang belum menjadi kampung iklim, ikutan Program Kampung Iklim, gimana caranya bikin sumur resapan, bikin bio pori, bikin sumur injeksi agar dapat mengatasi banjir, karena harusnya air hujan ini meresap kedalam tanah," tutur Arief.

Dalam kesempatan yang sama, Tihar Sopian selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang menerangkan telah melaksanakan kegiatan verifikasi Proklim Tingkat Kota secara daring, sebanyak 6 RW di 6 Kelurahan menjadi juara tingkat kota.

Baca juga: Berkat Pandemi, Kini Bisa Makan Teppanyaki Kelas Hotel Bintang 4 di Bawah Rp50 Ribu

"Dan sebanyak 12 RW dalam Program Kampung Iklim telah meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia," ungkap Tihar.

Proklim Tingkat Kota yang menjadi juara adalah Kelompok 1 wilayah timur, Juara 1 diraih oleh RW. 001 Kelurahan Sudimara Pinang, Juara 2 RW. 010 Larangan Utara, Juara 3 RW. 07 Batuceper, Kelompok II wilayah barat, Juara 1 RW. 006 Gandasari, Juara 2 RW. 010 Panunggangan Barat, Juara 3 RW. 006 Sukajadi.

Dan Proklim Tingkat Nasional di antaranya RW. 009 Kelurahan Cibodasari dengan kategori Utama + Trophy, RW. 005 Kelurahan Kreo kategori Utama + Trophy, RW. 002 Kelurahan Batuceper Kategori Utama. (dik)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved