Breaking News:

Berita Jakarta

12.000 lebih Pelanggan di Jakarta Terima Air Perpipaan lewat SPAM Hutan Kota

12.000 lebih Pelanggan di Jakarta Terima Air Perpipaan lewat SPAM Hutan Kota

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dwi Rizki
dok. PUPR Kabupaten Bogor
Pembangunan Sarana dan Prasarana Penyediaan Air Minum (SPAM)/Water Treatment Plan (WTP) di Kecamatan Tenjo. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Sebanyak 12.573 pelanggan baru di sisi utara Jakarta telah menerima air perpipaan dari Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya. Sambungan air perpipaan itu bagian dari proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) Hutan Kota dengan target 30.000 pelanggan di wilayah Kamal Muara, Kamal, Pegadungan dan Tegal Alur.

Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengatakan, pembangunan SPAM Hutan Kota mulai diinisiasi PAM Jaya sejak tahun 2016. Hingga kini, pihaknya sedang proses penyelesaian pemasangan sambungan baru pelanggan.

“PAM Jaya membangun jaringan pipa transmisi dan distribusi sepanjang 116 KM untuk mengaliri air dari IPA Hutan Kota yang berkapasitas 500 liter per detik kepada sekitar 30.000 pelanggan,” ujar Hernowo pada Sabtu (4/12/2021).

Hernowo mengatakan, cakupan layanan PAM Jaya saat ini adalah 65,82 persen dengan total pelanggan sebanyak 906.648, dan total air yang terdistribusi sebanyak 20.732 liter per detik. Sementara untuk target cakupan layanan PAM JAYA pada tahun 2023 adalah 82 persen.

“Saat ini Jakarta masih tergantung pasokan air baku dari wilayah di luar kota Jakarta di mana 81 persen air baku berasal dari Waduk Jatiluhur, 14 persen berasal dari pembelian air curah PDAM Kabupaten Tangerang dan lima persen berasal dari sungai-sungai yang berada di Jakarta,” katanya.

Hernowo menambahkan, PAM Jaya juga telah membangun SPAM Mookevart berkapasitas 10 liter per detik untuk mengolah air baku dari Kali Mookevart dan atau Waduk Daan Mogot, serta jaringan perpipaan di wilayah Rusun Pesakih Daan Mogot. SPAM ini telah diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 22 Maret 2021 lalu.

“Saat ini telah beroperasi untuk melayani penghuni Rusun Pesakih dan Daan Mogot,” ucapnya.

Tiga SPAM

Selain membangun SPAM Hutan Kota dan Mookevart, PAM Jaya juga tengah membangun tiga SPAM lainnya di Pesanggrahan, Ciliwung dan Jatiluhur. Untuk SPAM Pesanggrahan, tender proyeknya akan dilaksanakan pada awal 2022 mendatang.

“Pekerjaan konstruksi diestimasikan selesai pada awal tahun 2024,” imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved