Breaking News:

Upaya Kesiapsiagaan Bencana, Desa Kampungsawah Buat Sendir Alat Pendeteksi Bencana

Alat ini untuk kesiapsiagaan bencana berupa alat ukur tinggi muka air Sungai Citarum dan juga kincir angin penanda angin kencang.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Muh Azzam
Memiliki potensi bencana yang tinggi, Desa Kampungsawah Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, membuat alat pendeteksi bencana sendiri. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Desa Kampungsawah Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang memiliki potensi bencana yang tinggi.

Potensi bencana yang dimiliki Desa Kampungsawah tidak lebih dari banjir, baik banjir luapan sungai maupun banjir genangan.

Atas kondisi itu Desa Kampungsawah Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, membuat alat pendeteksi bencana sendiri.

Alat ini untuk kesiapsiagaan bencana berupa alat ukur tinggi muka air Sungai Citarum dan juga kincir angin penanda angin kencang.

Alat itu dipasang di Dusun Pasar terutama wilayah RT 01 karena berada di pinggiran tanggul Citarum.

Wakil Dusun Pasar, Dede Saepul menjelaskan wilayahnya memiliki luas wilayah kurang lebih 700 hektare dengan ketinggian lahan dari permukaan laut tidak lebih dari empat meter.

Angin kencang juga menjadi potensi bencana untuk Desa Kampungsawah, karena posisi desa yang kurang lebih 80 perseb luas wilayahnya adalah lahan pertanian maka hembusan angin kencang membahayakan bagi rumah-rumah warga.

"Dusun Pasar terutama wilayah RT 01 berada di pinggiran tanggul Citarum, jadi saya sebagai Wakil Dusun harus berpikir untuk solusi kesiapsiagaan” Katanya, pada Senin (29/11/2021).

Baca juga: Mitigasi Bencana, BPBD Kabupaten Bogor Siagakan TRC & Pasang Kamera CCTV di Lokasi Rawan Banjir

Dia melanjutkan Desa Kampungsawah telah menyiapkan tiga truk tanah urug untuk nantinya dimasukkan kedalam karung sebagai tanggul darurat.

Tapi menurut Dede Saepul warga masih terbatas dalam mengetahui waktu yang tepat saat menyiapkan tanggul darurat. Maka dibuatlah alat ukur tinggi muka air Sungai Citarum agar masyarakat bisa bersiapsiaga disaat yang tepat sehingga tidak menimbulkan kepanikan.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved