Breaking News:

Pertama Kali di Jakarta, Pemilihan LMK RW 010 Kelapa Gading Timur Pakai Aplikasi Digital E-Vote

Pemilihan Lembaga Musyawarah Kelurahan di RW 010 Kelurahan Kelapa Gading Timur digelar dengan cara yang berbeda lewat aplikasi digital E-Vote.

Warta Kota/ Junianto Hamonangan
RW 010 Kelapa Gading Timur melakukan inovasi dengan cara menggelar pemilihan LMK secara digital. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemilihan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) di RW 010 Kelurahan Kelapa Gading Timur digelar dengan cara yang berbeda. Pemilihan dilakukan dengan bantuan sebuah aplikasi digital E-Vote. 

Ketua RW 010 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Roy Sirait mengatakan penggunaan aplikasi E-Vote berawal dari penawaran inovasi tim remaja Masjid Ad-Da'Wah. 

“Aplikasi ini pertama kali digunakan di DKI,” ujar Roy, Sabtu (27/11/2021). 

Baca juga: Pertama Kali di DKI Jakarta, Pemilihan LMK RW 010 Kelurahan Kelapagading Timur Pakai E-Vote

Tawaran itu pun diterima dan akhirnya digunakan oleh Panitia Pemilihan Bakal Calon (PPBC) dalam pemilihan LMK RW 010 Kelapa Gading Timur dan tidak lagi dengan cara konvensional. 

Menurut Roy, dengan aplikasi digital E-Vote maka proses pemungutan dan penghitungan suara pun tergolong efisien baik sisi waktu maupun biaya dalam pesta demokrasi tersebut. 

"Keuntungannya cepat dan lebih akurat," jelasnya.

Sekretaris Kota Jakarta Utara, Abdul Khalit mengapresiasi inovasi proses pemungutan dan penghitungan suara terhadap empat calon LMK yang dinilai menjadi lebih efisien.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada PPBC yang telah berinovasi menghadirkan aplikasi E-Vote dalam pemilihan LMK RW 010," ungkap Khalit. 

Khalit pun berharap inovasi pemilihan digital itu dapat menjadi panutan untuk pesta demokrasi lainnya di DKI Jakarta sehingga pemilihan LMK berjalan lancar.

Baca juga: Hanya Ada Satu Calon, Pemilihan Ketua RW 01 Semper Barat Dilakukan Secara Aklamasi

"Tentu ini semua tidak mungkin berjalan sukses kalau semuanya tidak mendukung dan menaati. Kami salut kepada warga RW 010 Kelapa Gading Timur,” ucapnya. 

Khalit pun berpesan kepada LMK terpilih bisa menjadi jembatan aspirasi masyarakat dengan pemerintah sekaligus mengetahui kebutuhan Pemprov DKI Jakarta. 

Adapun yang terpilih jadi LMK 010 Kelurahan Kelapa Gading Timur adalah Sukarno dengan jumlah 79 suara setelah mendulang suara yang lebih banyak dibanding tiga kandidat lain.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved