Breaking News:

Luluskan 108 Pilot di Tengah Pandemi, BIFA: Industri Aviasi Nasional Akan Bangkit

Sekolah pilot di Indonesia, BIFA mengumumkan kelulusan 108 pilot meski sekolah tersebut sempat vakum selama tiga bulan pada awal pandemi Covid-19.

Editor: Eko Priyono
Istimewa
Sekolah pilot BIFA meluluskan 108 pilot berlisensi Commercial Pilot with Multi Engine license dari 8 batch sekolah pendidikan mereka, Kamis (25/11/2021). Acara berlangsung di Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sempat vakum selama tiga bulan pada awal-awal pandemi Covid-19, sekolah pilot Bali International Flight Academy atau BIFA tetap berhasil memproduksi jumlah pilot nasional hingga 108 orang.

Kamis (25/11/2021) kemarin, sekolah pilot Bali International Flight Academy (BIFA) mengumumkan kelulusan 108 pilot dengan lisensi commercial pilot with multi engine dari 8 batch sekolah pendidikan mereka.

I Gusti Wiradharma B Oka, CEO BIFA mengatakan acara kelulusan tersebut membawa angin segar untuk industri aviasi Indonesia.

Menurut Oka, industri penerbangan terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi yang juga sangat rentan akan faktor lingkungan seperti peperangan, terorisme, bencana alam, hingga pandemi Covid-19.

Khusus pandemi, pada awal-awal mewabahnya virus mematikan tersebut, BIFA sempat vakum. Para kadet, lanjut Oka, dipulangkan ke rumah masing-masing.

Namun seiring waktu, BIFA bisa menjalankan operasional dengan menerapkan protokol ketat dan menjaga kualitas pelatihan standar tinggi. Alhasil, para kadet dapat menuntaskan pendidikan mereka dan kini siap untuk meniti karier sebagai pilot.

"Pandemi Covid-19 memang sangat memukul industri penerbangan global dan nasional, namun keterkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi nasional maupun global secara otomatis akan membangkitkan dan memulihkan industri aviasi nasional," kata Oka melalui keterangan pers yang diterima, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Maman Abdurrahman: Angelo Alessio Marah Pada Pemain di Ruang Ganti Usai Persija Kebobolan di Babak I

Baca juga: Crazy Rich Tanjung Priok Ditunjuk Gubernur Anies jadi Ketua Pelaksana Formula E

Baca juga: VIDEO : Perwira Polisi Dianiaya Saat Ricuh Aksi Pemuda Pancasila

"Prospek alumnus BIFA sebagai penerbang dengan standar internasional diharapkan mampu berperan positif dalam membangun kekuatan dirgantara nasional yang kami percaya akan berkembang sangat pesat dalam waktu dekat seusai pandemi sejalan dengan berbagai upaya pemerintah di bidang pengembangan infrastruktur," sambung Oka.

Menurut Oka, BIFA menerapkan pelatihan berskala internasional dengan tiga program kekhususan yakni Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating.

PPL merupakan sertifikasi pilot penerbangan pribadi sebagai tanda bahwa wisudawan program ini telah siap secara profesional sebagai pilot penerbangan pribadi. Program PPL memiliki durasi 14-16 minggu pendidikan dan pelatihan terbang yang terintegrasi sesuai standar Directorate General of Civil Aviation (DCGA) yaitu standar yang diaplikasikan pada implementasi, pengontrolan, dan pengawasan operasional penerbangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved