Breaking News:

Berita Nasional

Festival Panen Raya Nusantara Digelar Mulai 2 Desember, Aneka Produk Khas Nusantara Bakal Dipamerkan

PARARA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli akan produk lestari dan tradisional Nusantara.

Editor: Feryanto Hadi
Ist
Panitia kegiatan Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) berfoto bersama 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Lebih 105 komunitas lokal dan masyarakat adat dari seluruh Nusantara akan ikut memeriahkan Festival Panen Raya Nusantara (PARARA), yang akan digelar pada 2 – 18 Desember 2021, dengan skema hybrid.

Tradisi pangan lokal dari berbagai daerah di Nusantara, berbagai produk kreatif, hasil kerajinan, produk hasil non kayu serta dialog interaktif di beberapa region (Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa dan sekitarnya, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Papua, dan Maluku) akan menjadi tajuk utama festival ini.

Melihat dari visi dan misinya, PARARA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli akan produk lestari dan tradisional Nusantara.

Baca juga: UBS Gold Siap Gelar Festival Virtual Perhiasan Emas Pertama di Indonesia Pada 3-5 Desember

Hal ini diharapkan masyarakat Indonesia memahami pentingnya cara melestarikan dan menjaga tradisi agar tetap hidup dari generasi ke generasi.

Ketua Konsorsium PARARA Jusupta Tarigan mengatakan, PARARA bertujuan mendukung ekonomi komunitas lokal dan masyarakat adat secara adil dan lestari dimana pengelolaan produk komunitas lokal dan masyarakat adat nantinya dapat mempertahankan kearifan lokal dan lingkungan.

Dengan melestarikan produk berbasis kearifan lokal, diharapkan memperkuat identitas dan perekat bangsa.

Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling kaya dalam keanekaragaman hayati di dunia, sekaligus negara yang memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam.

“PARARA bertujuan mempromosikan produk komunitas lokal dan masyarakat adat dan meningkatkan akses pasar yang mampu menilai/me-reward produk tersebut dengan harga yang adil," ujar Jusupta Tarigan melalui keterangan persnya di Jakarta, Jumat (26/11/2021)

Baca juga: Ajak Generasi Muda, Sekretariat Nasional Kine Klub Indonesia Gelar Festival Film Milenial Indonesia

Menurutnya, secara kualitas, produk lokal memiliki nilai dan potensi pasar yang mendunia.

Salah satunya kain tenun.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved