Breaking News:

Ganjil Genap

Warga Depok Bersiap Diri, Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Margonda Mulai 4 Desember 2021

Warga Depok yang hendak beraktivitas dan melintas Jalan Margonda harus waspada, sebab mulai 4 Desember 2021 akan ada ganjil genap.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Valentino Verry
Warta Kota
Ilustrasi - Petugas polisi sedang menegur pengendara yang melanggar aturan ganjil genap. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Polres Metro Depok bersiap melakukan uji genap saat akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu yang dimulai pada 4 Desember 2021.

Kepastian ini dikatakan Kasatlantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra di Mapolrestro Depok, Rabu (24/11/2021).

Di mana nantinya, lokasi yang akan diterapkan ganjil genap ada di sepanjang Jalan Margonda Raya.

Baca juga: PSSI Tambah Dua Wasit di Pertandingan untuk Optimalkan Kinerja Wasit dan Hindari Praktik Curang

"Uji coba ganjil genap di Jalan Margonda akan dilakukan pada akhir pekan ini dan akan dilaksanakan dua pekan setiap Sabtu dan Ahad. Sebelumnya, kita sudah melakukan sosialisasi," tutur Jhoni di Mapolrestro Depok, Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (24/11/2021).

Pemberlakukan ganji genap ini dikatakan Jhoni lantaran Jalan Margonda Raya hampir selalu mengalami kepadatan atau kemacetan lantaran jumlah kendaraan yang melintas cukup tinggi, utamanya saat akhir pekan.

"Saat ini jumlah kapasitas kendaraan sudah melewati batas, terutama pada Sabtu dan Ahad yang kerap timbul kemacetan. Jadi, langkah ganjil genap perlu diterapkan," katanya. 

Baca juga: Gembong Warsono Menentang Anies Lewat Penolakan Alokasi Anggaran untuk TGUPP

Kendaraan roda empat dikatakan Jhoni menjadi sasaran kebijakan tersebut, sementara roda dua masih tetap bisa melintas lantaran tak dikenakan ganji genap.

"Pemberlakuan ganjil genap khusus mobil dari jam 12.00 WIB hingga 18.00 WIB. Kami uji coba di akhir pekan. Kemudian kami juga membebaskan untuk kendaraan darurat, ambulan, dan kendaraan umum. Roda dua atau motor masih bisa melintas," paparnya.

Sejauh ini, sosialisasi masih terus dilakukan untuk melihat kondisi di lapangan seperti apa, sehingga nantinya akan dilakukan analisa dan evaluasi apakah kebijakan tersebut dapat mengurai kemacetan atau tidak di Jalan Margonda Raya.

Baca juga: Napak Tilas Makam Pangeran Jayakarta: Bicara Sejarah, Folklor, dan Rasanya Jadi Keturunan Bangsawan

"Kebijakan ini juga mengacu kepada Inmendagri nomor 47 tahu 2021 terkait dengan pemberlakuan PPKM, pencegahan penyebaran Covid-19. Diharapkan tidak terjadi lagi kemacetan parah di Jalan Margonda di setiap Sabtu dan Ahad," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved