Breaking News:

Berita Nasional

Pengusaha Hotel hingga Masyarakat Lombok Kecipratan Berkah Perhelatan Superbike Mandalika

Ajang WSBK juga menunjukkan besarnya partisipasi warga desa lingkar The Mandalika dalam menyukseskan acara ini.

Penulis: | Editor: Feryanto Hadi
Tribunnews.com
Ilustrasi balap motor Superbike 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengungkapkan, penyelenggaraan Superbike World Championship (WSBK) di Mandalika telah menciptakan multiplier effect yang besar bagi perekonomian Pulau Lombok.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo mengatakan, pihaknya menerima laporan dari salah satu pelaku pariwisata di Lombok pada bidang penyewaan jasa transportasi yang mereka mendapatkan omzet Rp 10-15 juta per bulan.

"Namun memasuki awal bulan November hingga Selasa (23/11/2021), mencapai hampir Rp 70 juta," terang Arie, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Pawang Hujan di Lombok Lapor Polisi, Geram Dituding Gagal Kendalikan Hujan saat WSBK Mandalika

Sementara, di sektor akomodasi, event WSBK telah meningkatkan okupansi hotel rata-rata mencapai 95 persen.

Ketua Mandalika Hotel Association (MHA) Samsul Bahri menuturkan, okupansi kamar mengalami kenaikan signifikan menjelang maupun selama WSBK berlangsung.

"Sebelum WSBK, okupansi rata-rata 15 persen namun adanya event WSBK menjadi sekitar 95 persen. Sementara untuk omzet sendiri biasanya sebelum WSBK mencapai 15 persen namun setelah WSBK mencapai 85 persen," ungkap Samsul.

Baca juga: Saham Bandara Kualanamu Dijual ke Asing, Polisi Demokrat: Jangan-jangan Negara Sudah Bangkrut

Ia kembali mengungkapkan, peningkatan okupansi tidak hanya berlangsung pada hotel atau akomodasi yang berlangsung di The Mandalika saja, melainkan juga memberikan dampak pada akomodasi-akomodasi lainnya yang berada di luar Kawasan The Mandalika hingga Senggigi.

Demand yang cukup tinggi terhadap penyediaan kamar hotel juga membuka peluang kerja bagi pekerja perhotelan yang sempat dirumahkan dikarenakan pandemi.

“Event WSBK kemarin merupakan sebuah event luar biasa yang memantik kebangkitan pariwisata khususnya di Pulau Lombok setelah 1,5 tahun dikekang pandemi Covid-19," ujar Samsul.

"Alhamdulillah sejak wacana digulirkan WSBK dan dilaksanakan kami di asosiasi MHA yang terdiri dari 54 perusahaan perhotelan yang ada di dalam Kawasan The Mandalika dan sekitarnya merasakan dampak positif dari peningkatan okupansi,” imbuh Samsul.

Baca juga: Usut Tuntas Dalang Keciruhan, Polisi Ingatkan Ormas Pemuda Pancasila Tak Boleh di Atas Hukum

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved