Breaking News:

Berita Jakarta

Hindari Disinsentif dan Tilang, Fasilitas Uji Emisi Kini Bisa Diakses di Pasar Binaan PD Pasar Jaya

Hindari Disinsentif Parkir dan Pajak hingga Sanksi Tilang, Segera Uji Emisi Kendaraan Anda. Uji Emisi Kini Bisa Diakses di Pasar Binaan PD Pasar Jaya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Suherno pemilik PT Rizky Putra Pratama, fasilitas uji emisi kendaraan di Pasar Santa, Kebayoran baru, Jakarta Selatan pada Kamis (25/11/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hindari disinsentif tarif parkir hingga pembebanan pajak kendaraan bermotor, warga Ibu Kota diimbau untuk dapat segera melakukan uji emisi bagi kendaraan.

Terkait hal tersebut, pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan dunia usaha membangun sejumlah fasilitas uji emisi di lingkungan pasar PD Pasar Jaya.

Tujuannya untuk memudahkan akses masyarakat.

Keberadaan satu dari 20 fasilitas uji emisi di PD Pasar Jaya di antaranya berada di Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Fasilitas uji emisi yang dikelola PT Rizky Putra Pratama itu diungkapkan sang pemilik, Suherno merujuk Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Selain itu sejalan dengan program Langit Biru dalam upaya mengurangi polusi udara di Ibu Kota.

"Fasilitas uji emisi ini nantinya akan ada di 40 lokasi di setiap pasar," ungkap Suherno bersama Kepala Pasar Santa, Fritz Ondoy Sinaga pada Kamis (25/11/2021).

"Tujuannya agar dapat dengan mudah dijangkau masyarakat, jadi nggak ada alasan lagi untuk nggak uji emisi," candanya.  

Tahapan uji emisi pun itu dijelaskannya sangat sederhana dan cepat, yakni sekira lima-tujuh menit per kendaraan.

Baca juga: Tambah Lokasi Uji Emisi Gratis, August: Uji Emisi Berbayar Masih Memberatkan Warga

Baca juga: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Diminta Perbanyak Lokasi Uji Emisi Kendaraan

Cara pendaftarannya pun sangat mudah, cukup menyambangi langsung lokasi uji emisi atau mendaftarkan kendaraan lewat aplikasi Langit Biru Jakarta.

Setelah melakukan pendaftaran, kendaraan akan menjalani sejumlah tahapan pengujian.

Apabila dinyatakan lulus uji emisi, pemilik kendaraan kendaraan akan menerima sertifikat lulus gas buang.

Bagi masyarakat yang melakukan uji emisi kendaraannya selama periode November hingga ahir Desember 2021, pihaknya memberikan diskon sebesar 50 persen.

"Tarif uji emisi untuk mobil berkisar Rp 150.000-Rp 200.000, sedangkan motor Rp 50.000-Rp 60.000. Nah untuk sekarang sampai akhir tahun nanti kita kasih diskon 50 persen," ungkap Suherno.

"Jadi jangan sampai kena disinsentif bayar parkir dan pajak kendaraan apalagi tilang, segera uji emisi kendaraan anda," tutupnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved