Breaking News:

DKI Kirim 500 Ekor Sapi Kupang, Tahap Awal Kerja Sama PD Dharma Jaya dan Sarana Pangan Madani

PD Dharma Jaya akan menyediakan dan mengirimkan 500 ekor Sapi Kupang ke PT Sarana Pangan Madani untuk Hari Raya Idul Adha tahun 2022.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyaksikan penandatanganan antara PD Dharma Jaya dengan PT Sarana Pangan Madani untuk memasok daging sapi dan ayam, Rabu (24/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui badan usaha milik daerah (BUMD) PD Dharma Jaya menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Sarana Pangan Madani, BUMD Pemkot Pekanbaru.

Dalam kerja sama ini, PD Dharma Jaya menjadi pihak pemasok daging sapi dan ayam kepada PT Sarana Pangan Madani di Pekanbaru.

Anies menjelaskan, selama ini BUMD dan organisasi perangkat daerah (OPD) memiliki peran yang berbeda. Pihak BUMD menyediakan suplai, sedangkan SKPD mengurus aspek demand, sehingga langkah PD Dharma Jaya untuk memasok daging ke luar Jakarta menjadi unik.

“Jakarta memang sebuah provinsi, tapi sebenarnya administrasinya merupakan sebuah kota. Karena itu, ini kerja sama antarkota, Pekanbaru dan Jakarta. Lalu, kita berharap ini menjadi awalan yang nantinya kita kembangkan lebih jauh lagi,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat menyaksikan penandatanganan MoU tersebut di Balairung, Balai Kota Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Untuk awal kerja sama, PD Dharma Jaya akan menyediakan dan mengirimkan 500 ekor Sapi Kupang ke PT Sarana Pangan Madani untuk Hari Raya Idul Adha tahun 2022.

Baca juga: Dharma Jaya Berikan Cashback hingga Rp 350.000. Raditya: 400 Ekor Sapi Telah Dipesan

Hal ini akan diikuti dengan suplai daging sapi, kerbau, dan ayam ke kawasan industri yang ada di Riau.
“Kami di Jakarta memiliki berbagai peran di SKPD dan BUMD. Jadi, ada sinergi antara demand dan suplai. PD Dharma Jaya punya tanggung jawab urusi aspek suplai, karena itu, hari ini unik. Biasanya PD Dharma Jaya bekerja sama dengan supplier pemasok ke Jakarta, kali ini PD Dharma Jaya memasok daging ke Pekanbaru,” kata Anies dari keterangannya.

Potensi

Langkah yang dilakukan PD Dharma Jaya ini diharapkan mampu menjadi pemantik bagi Pemprov DKI, yang dalam hal ini BUMD dapat memberikan peran. Khususnya pada perdagangan ke luar DKI Jakarta, sehingga akan saling melengkapi kebutuhan yang ada.

“Karena itu, kita berharap nanti dengan pangan yang memadai, PD Dharma Jaya mengembangkan kerja sama lebih jauh, apalagi Sarana Pangan Madani adalah BUMD di Sumatera yang fokus pada pangan.

Harapannya, jadi pintu masuk untuk kegiatan ekspor, bukan hanya DKI menjadi supplier, tetapi juga mungkin ada kebutuhan DKI yang dibutuhkan di Sumatera untuk Jakarta,” ucapnya.

Kerja sama yang dibangun oleh PD Dharma Jaya ini juga sebagai sarana untuk mengirimkan pesan bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa banyak, sehingga Pemerintah Daerah dapat berperan menghubungkan potensi tersebut dan menyambungkannya dengan daerah yang membutuhkan.

Baca juga: Dharma Jaya Datangkan 155 Ekor Sapi Asal NTT. Raditya: Permintaan Hewan Kurban Bertambah

“Ini mengirimkan pesan kepada semua bahwa Indonesia punya potensi luar biasa, tetapi kadang kita di Pemerintah kurang menyambungkan potensi itu. Maka, ketika ada Pemerintah yang menyambungkan, kita bisa mengharapkan kerja samanya akan lebih optimal,” ungkapnya.

PD Dharma Jaya adalah BUMD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bergerak di bidang pemotongan dan perdagangan ternak/daging. Saat ini, Dharma Jaya telah berhasil menjadi pemasok terbesar daging di DKI Jakarta.

Misi PD Dharma Jaya selanjutnya adalah memperluas wilayah perdagangan di tingkat nasional. Kerja sama dengan PT Sarana Pangan Mandiri merupakan salah satu langkah berarti bagi PD Dharma Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperluas jaringan perdagangan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved