Breaking News:

Berita Jakarta

Bank DKI Luncurkan JakOne Abank untuk Digitalisasi Pasar Tradisional

JakOne Abank dan SIAP QRIS sebagai perekat yang mendukung digitalisasi pasar dan perwujudan Jakarta Smart City 4.0.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan) saat meluncurkan JakOne Abank di Pasar Santa, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, KEBAYORAN BARU - Bank DKI meluncurkan JakOne Abank di Pasar Santa, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021). Tujuannya untuk mendorong penerapan inklusi keuangan di DKI Jakarta.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan, JakOne Abank merupakan layanan perbankan tanpa kantor, di mana Bank DKI hadir melalui Agen dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS) untuk pembayaran pajak dan retribusi, pembayaran tagihan.

Untuk Pasar Santa sendiri, kata dia, juga menjadi projek percontohan digitalisasi pasar melalui program SIAP QRIS yang diusung oleh Bank Indonesia.

Baca juga: Pengusaha Hotel hingga Masyarakat Lombok Kecipratan Berkah Perhelatan Superbike Mandalika

Dengan menjadi JakOne Abank, nasabah/pedagang yang menjadi agen dapat melayani berbagai transaksi perbankan dari masyarakat dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

“Semoga peluncuran JakOne Abank yang didukung SIAP QRIS ini dapat menghadirkan manfaat bagi kita semua terutama bagi pelaku UMKM, serta warga masyarakat yang semakin termudahkan untuk bertransaksi di pasar melalui layanan perbankan digital dan merupakan aplikasi Smart City 4.0 Jakarta sebagai Kota Berkolaborasi,” kata Fidri.

Dia menambahkan, Bank DKI juga terus berinovasi melalui JakOne Abank. Pihaknya, akan bersinergi dengan semua pasar yang dikelola oleh Pasar Jaya.

“UMKM harus melakukan digitalisasi dan Bank DKI siap mendukung,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan, sejalan dengan digitalisasi di berbagai sektor, Pemprov DKI Jakarta tentu menyambut baik kolaborasi Bank Indonesia dengan Bank DKI dan Perumda Pasar Jaya.

Dia berharap, peluncuran JakOne Abank dan SIAP QRIS sebagai perekat yang mendukung digitalisasi pasar dan perwujudan Jakarta Smart City 4.0.

Baca juga: Dukung Digitalisasi UMKM Ibu Kota, Bank DKI Luncurkan Ragam Produk Digital, Berikut Selengkapnya

“Pada hari ini JakOne Abank dan SIAP QRIS mulai dapat digunakan dalam transaksi jual beli di Pasar Santa yang dikelola Perumda Pasar Jaya melalui pemanfaatan JakOne Abank dan SIAP QRIS oleh para pedagang pasar,” kata Ariza.

“Melalui JakOne Abank dan SIAP QRIS, diharapkan akan turut mendukung program percepatan akses keuangan daerah melalui digitalisasi keuangan,” tambahnya. (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved