Breaking News:

Siap-Siap, Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Margonda Dilakukan Mulai 4 Desember Mendatang

Polres Metro Depok bersiap melakukan uji genap saat akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu yang dimulai pada 4 Desember 2021.

Warta Kota/Mochammad Dipa
Pemkot Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mulai melakukan penataan terhadap trotoar di Jalan Margonda Raya. Proyek ini menelan dana APBD Rp 2,5 Miliar. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Polres Metro Depok bersiap melakukan uji genap saat akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu yang dimulai pada 4 Desember 2021.

Kepastian ini dikatakan Kasatlantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra di Mapolrestro Depok, Rabu (24/11/2021). Di mana nantinya, lokasi yang akan diterapkan ganjil genap ada di sepanjang Jalan Margonda Raya.

"Uji coba ganjil genap di Jalan Margonda akan dilakukan pada akhir pekan ini dan akan dilaksanakan dua pekan setiap Sabtu dan Ahad. Sebelumnya, kita sudah melakukan sosialisasi," tutur Jhoni di Mapolrestro Depok, Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (24/11/2021).

Pemberlakukan ganji genap ini dikatakan Jhoni lantaran Jalan Margonda Raya hampir selalu mengalami kepadatan atau kemacetan lantaran jumlah kendaraan yang melintas cukup tinggi, utamanya saat akhir pekan.

Baca juga: Ganji Genap Jalan Margonda Raya Belum Diberlakukan, Idris Sebut Kewenangan Tangan Polda Metro Jaya

Baca juga: Pemkot Depok Tata Trotoar di Jalan Margonda, Telan Dana APBD Rp 2,5 Miliar

"Saat ini jumlah kapasitas kendaraan sudah melewati batas, terutama pada Sabtu dan Ahad yang kerap timbul kemacetan. Jadi, langkah ganjil genap perlu diterapkan," katanya. 

Kendaraan roda empat dikatakan Jhoni menjadi sasaran kebijakan tersebut, sementara roda dua masih tetap bisa melintas lantaran tak dikenakan ganji genap.

"Pemberlakuan ganjil genap khusus mobil dari jam 12.00 WIB hingga 18.00 WIB. Kami uji coba di akhir pekan. Kemudian kami juga membebaskan untuk kendaraan darurat, ambulan, dan kendaraan umum. Roda dua atau motor masih bisa melintas," paparnya.

Baca juga: Beredar Surat Rekomendasi Wali Kota Depok ke Gubernur Jawa Barat, Meminta UMK 2022 Naik 5,34 Persen

Baca juga: Upaya Pemkot Depok Wujudkan Zero Stunting dengan Program DSunting Menara

Sejauh ini, sosialisasi masih terus dilakukan untuk melihat kondisi di lapangan seperti apa, sehingga nantinya akan dilakukan analisa dan evaluasi apakah kebijakan tersebut dapat mengurai kemacetan atau tidak di Jalan Margonda Raya.

"Kebijakan ini juga mengacu kepada Inmendagri nomor 47 tahu 2021 terkait dengan pemberlakuan PPKM, pencegahan penyebaran Covid-19. Diharapkan tidak terjadi lagi kemacetan parah di Jalan Margonda di setiap Sabtu dan Ahad," ujarnya.

Sumber: Tribun depok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved