Breaking News:

Berita Jakarta

Gelar OTT di Pasar Pagi Kramat Jati, Pemkot Jaktim Denda Warga yang Buang Sampah Sembarangan

Gelar OTT di Pasar Pagi Kramat Jati, Pemkot Jaktim Denda Warga yang Buang Sampah Sembarangan. Berikut Selengkapnya

Penulis: Muhamad Fajar Riyandanu | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Petugas gabungan memberikan sanksi denda kepada seorang warga yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) buang sampah sembarangan di Pasar Pagi Kramat Jati, Jakarta Timur pada Rabu (24/11/2021), 

WARTAKOTALIVE.COM, KRAMAT JATI - Banyaknya sampah yang menggunung di sepanjang jalan kawasan Pasar Pagi Kramat Jati, Jakarta Timur ditindaklanjti dengan operasi tangkap tangan (OTT) jajaran Pemerintah Kota Jakarta Timur.

Hasilnya, sebanyak 20 warga terjaring OTT buang sampah sembarangan di Pasar Pagi Kramat Jati, Jakarta Timur pada Rabu (24/11/2021), pagi.

Mereka tertangkap tangan melemparkan sampah dari kendaraan motor dan mobil. Mayoritas para pelaku membuang sampah di bawah JPO Pasar Pagi, Kramat Jati.

Menurut Amri Restu Rianto, Kasatpel Lingkungan Hidup Kecamatan Kramat Jati, 20 warga yang tertangkap tangan membuang sampah sembarangan langsung dikenakan sanksi denda.

Total denda sebanyak Rp 810.000 itu disetor ke Kas Daerah Provinsi DKI Jakarta.

“Saya berharap kegiatan ini memberikan efek jera kepada oknum masyarakat yang masih melakukan buang sampah di bahu jalan yang bukan pada tempatnya,” kata Amri.

Sanksi denda bagi pelanggar buang sampah sembarangan telah diatur oleh Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah dan Pelanggaran Buang Sampah Sembarangan. Adapun denda maksimal mencapai Rp 500.000.

Baca juga: OTT 20 Warga yang Kepergok Buang Sampah Sembarangan, Total Denda Mencapai Rp 810.000

Baca juga: Joroknya Kali Prancis, Berubah Jadi Lautan Sampah dengan Air Hitam Berbau Busuk Menyengat

Saat itu, ujar Amri, sebelum melakukan OTT buang sampah sembarangan, petugas gabungan yang berjumlah 15 orang berjaga di Halaman Parkir Lippo Mall Kramat Jati.

Adapun petugas gabungan yang terlibat berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, dan Polres Metro Jakarta Timur.

Selain tidak membuang sampah sembarangan, Amri berharap agar warga melakukan pemilahan untuk mengurangi sampah di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2020 tentang Pemilahan Sampah di Sumber.

"Harapannya warga juga mulai sadar akan menjaga kebersihan lingkungan dan tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan," pungkas Amri. (m29)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved