Breaking News:

Virus Corona

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui WhatsApp dari HP, Simak Caranya Berkut Ini

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan aplikasi bertukar pesan WhatsApp telah meluncurkan Chatbot Whatsapp PeduliLindungi.

Instagram/@kemenkes_ri
Tangkapan layar akun Instagram @Kemenkkes_ri tentang cara mudah mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 via WhatsApp dari HP. Foto ilustrasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Untuk memudahkan dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan aplikasi bertukar pesan WhatsApp telah meluncurkan Chatbot Whatsapp PeduliLindungi.

Melalui aplikasi Chatbot Whatsapp PeduliLindungi, saat ini Sertifikat Vaksin Covid-19 bisa diunduh atau di-download melalui WhatsApp dari handphone.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masyarakat sempat dibuat heboh dengan berita terkait jasa cetak sertifikat vaksin Covid-19, sehingga akhirnya pihak kepolisian pun turun tangan.

Munculnya jasa cetak sertifikat vaksin Covid-19 di masyarakat itu boleh jadi hanyalah hukum supply and demand,  yaitu di mana ada permintaan di situ ada penawaran.

Tika Kunanti, pemilik percetakan/fotokopi Bunanjar, saat menjelaskan proses pengecilan ukuran sertifikat vaksinasi menjadi ukuran KTP.
Tika Kunanti, pemilik percetakan/fotokopi Bunanjar, saat menjelaskan proses pengecilan ukuran sertifikat vaksinasi menjadi ukuran KTP. (warta kota/gilbert sem sandro)

Selain itu sebagai respon atas sulitnya mengunduh sertifikat vaksin Covid-19, apalagi bagi mereka yang gaptek dengan dunia digital.

Sejumlah pengguna aplikasi PeduliLindungi mengeluhkan perihal sulitnya mengunduh sertifikat vaksin Covid-19.

Sementara, Sertifikat Covid-19 ini kerap diminta sebagai syarat mobilitas penduduk, seperti menaiki kendaraan umum jarak jauh, masuk mall atau masuk ke perkantoran.

Baca juga: Penumpang Ngamuk di Bandara Soekarno-Hatta, Aplikasi PeduliLindungi Sulit Diakses

Baca juga: JADWAL Layanan SIM Keliling Wilayah DKI Jakarta Selasa 23 November 2021, Simak Daftar Lokasinya

Merespon hal tersebut, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan aplikasi bertukar pesan WhatsApp meluncurkan Chatbot Whatsapp PeduliLindungi.

Dengan mengirimkan pesan ke 0811 1050 0567 (Kemenkes RI), pengguna WhatsApp bisa mendapatkan sejumlah kemudahan berkaitan dengan informasi vaksinasi.

Di antara fitur yang bisa dimanfaatkan melalui chatbot ini adalah:

Baca juga: VIDEO : Penumpang KRL Commuterline Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved