Breaking News:

Narkoba

Aplikasi Si PITUNG Bantu BNNK Jakarta Utara Ungkap Peredaran 500 gram Sabu di Kampung Bahari

Aplikasi Si PITUNG berdampak besar pada pengungkapan kasus narkoba skala besar di Jakarta Utara.

Kemendikbud
Ilustrasi - Aplikasi Si PITUNG berperan besar pada pengungkapan kasus peredaran sabu di Kampung Bahari, Jakarta Utara. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ribuan orang terselamatkan dari penyalahgunaan narkoba setelah Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara menggagalkan peredaran 508,3 gram sabu yang dilakukan AF (28). 

Kepala BNNK Jakarta Utara, AKBP) Bambang Yudhistira mengatakan pengungkapan itu tidak lepas dari aplikasi Si PITUNG (Sistem Pengaduan dan Informasi Terpadu Ungkap Narkotika Gelap).

Baca juga: LIRIK & CHORD On the Night Like This - Mocca, Lagu Sederhana yang Indah dan Dalam

“Kami dapatkan informasi masyarakat melalui aplikasi SI PITUNG terkait rencana peredaran Narkotika yang dilakukan AF,” ujar Bambang, Selasa (23/11/2021). 

Dengan pengungkapan upaya peredaran sabu tersebut maka diestimasi dapat menyelamatkan ribuan orang dari ketergantungan barang haram.

“Dengan rencana beredarnya lebih kurang 500 gram sabu, maka berpotensi timbulkan korban lebih kurang 2.500 orang terpapar narkoba dan sekarang bisa diselamatkan,” ungkap Bambang. 

Rencananya sabu yang diambil atas perintah maupun petunjuk dari seseorang berinisial S tersebut bakal diedarkan ke kawasan Bonpis, Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Baca juga: Mohammad Taufik Desak Pemprov DKI Blacklist Adhi Karya dari Proyek Ibu Kota Akibat SMAN 96 Roboh

Sebelumnya berdasarkan hasil dari penyelidikan tersebut, akhirnya AF berhasil ditangkap ketika sedang mengendarai motor di Jalan Raya Parung, Bogor, Jawa Barat, pada Senin (15/11/2021) silam. 

“Sistem peredaran narkoba ini kita kenal dengan sistem sel terputus. Antara pengedar, pengendali, kemudian bandar dan juga pengguna tidak saling kenal,” sambung Bambang. 

Sementara Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Juaini mengapresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras BNNK Jakarta Utara yang sukses menggagalkan peredaran narkoba di wilayah pesisir Jakarta. 

“Atas nama Pemerintah Kota Jakarta Utara mengucap terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras BNNK Jakarta Utara yang menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu,” tuturnya. 

Baca juga: Tim Formula E Operation Sudah Tiba di Jakarta, Langsung Tinjau Sejumlah Lokasi untuk Sirkuit

Apalagi berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan peredaran narkoba di Jakarta Utara seperti sosialisasi dan membentuk Kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar). 

Atas perbuatannya itu tersangka dijerat Pasal 114 ayat 2 subsidair Pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved