Breaking News:

Berita Jakarta

Anies Baswedan Lantik Ariza jadi Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Jakarta, Begini Pesannya

Tantangan ICMI di tengah perkembangan zaman adalah merealisasikan tujuan ICMI, yaitu mewujudkan tata kehidupan masyarakat madani.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Anies Baswedan melantik dan mengukuhkan kepengurusan ICMI DKI Jakarta di Balai Kota DKI pada Selasa (23/11/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik, sekaligus mengukuhkan kepengurusan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wilayah DKI Jakarta periode 2021-2026.

Adapun Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjadi Ketua Umum ICMI DKI Jakarta.

Pada acara yang bertemakan ‘Revitalisasi ICMI Orwil DKI Jakarta Menuju Indonesia Emas 2045’ ini, Anies optimis bahwa ICMI Orwil DKI Jakarta dapat terus menjaga peran strategisnya.

Terutama dalam pembangunan dan tatanan kehidupan masyarakat madani di DKI Jakarta.

Baca juga: PPKM Level 1 Diterapkan, Dirlantas PMJ Sebut Kemacetan di Jakarta Sudah Terjadi Dimana-mana

“Kita ingin ICMI mampu menjawab tantangan global dan menjaga solidnya kekuatan Imtak umat Islam demi meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Jakarta,” kata Anies usai melantik dan mengukuhkan kepengurusan ICMI DKI Jakarta di Balai Kota DKI pada Selasa (23/11/2021).

Anies mengungkapkan, salah satu tantangan ICMI di tengah perkembangan zaman adalah merealisasikan tujuan ICMI, yaitu mewujudkan tata kehidupan masyarakat madani.

Harapannya agar keimanan dan ketakwaan, pemahaman dan pengenalan ajaran Islam terjaga di kalangan cendekiawan muslim DKI Jakarta.

Baca juga: Sutikno Minta MUI Jangan Cari Panggung Bentuk Tim Siber untuk Bela Anies, Seakan-akan Timses 2024

Anies menjelaskan, untuk mencapai tujuan tersebut, tentu banyak tantangan yang akan dihadapi oleh para pengurus ICMI.

Baik dalam merumuskan strategi maupun menyiapkan langkah yang akan mendekatkan ICMI kepada tujuan dan visinya sebagai lembaga berkumpulnya para cendekiawan muslim dan perumus solusi atas permasalahan bangsa.

“ICMI adalah wadah untuk membentuk muslim yang memiliki intelektualitas, pengetahuan, dan keahlian di berbagai bidang yang nantinya dapat diaktualisasikan untuk membangun bangsa dan negara menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Anies.

“Di bawah kepemimpinan Bapak Riza Patria, saya yakin program kerja ICMI akan semakin banyak yang mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ini merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan kolaborasi kerja nyata antara ICMI dan Pemprov DKI Jakarta," tambah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini.

Baca juga: Chan Mantan Suami Valencya Dinyatakan Bersalah dan Dituntut 6 Bulan Penjara dalam Kasus KDRT Psikis

Sementara itu, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria selaku Ketum ICMI DKI Jakarta menginginkan, kepengurusannya yang dia pimpin itu hadir sebagai penerang dan wadah solusi dari berbagai permasalahan ilmiah yang ada di tengah masyarakat.

Menurut Ariza, hal ini nantinya akan direalisasikan dengan menghadirkan berbagai kegiatan kolaborasi bersama masyarakat Jakarta.

“Kami berusaha menghadirkan program yang dibutuhkan dan sesuai dengan kepentingan masyarakat. Dalam hal ini, kita dituntut untuk menjadikan organisasi yang dapat membentuk generasi muslim yang bertakwa, berilmu, dan ahli di berbagai bidang."

Baca juga: Kepsek Sebut 3 Murid Penganut Saksi Yehuwa Tak Mau Hormat Bendera dan Tolak Nyanyi Lagu Kebangsaan

"Itulah generasi muslim cendekia yang berkarya dan berdampak besar bagi peningkatan harkat hidup masyarakat, bangsa dan negara Indonesia,” kata Ariza. (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved