Berita Nasiomal

Sepekan Dilantik Jadi Panglima, Jenderal Andika Perkasa Sambangi Markas Laksamana Yudo Margono

Sepekan Dilantik Jadi Panglima, Jenderal TNI Andika Perkasa Sambangi Markas Laksamana TNI Yudo Margono. Yudo memberikan selamat kepada Andika

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Dwi Rizki
TRIBUNNEWS/GITA IRAWAN
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Mabes Angkatan Laut, Senin (22/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sepekan setelah dilantik sebagai Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa akhirnya menyambangi Markas Besar Angkatan laut (Mabes AL), Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur pada Senin (22/11/2021).

Kedatangan Jenderal TNI Andika Perkasa ke Markas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono itu disambut meriah prajurit TNI AL. 

Kedatangan Andika disambut valreef dan jajar kehormatan Prajurit TNI AL dan diterima langsung beserta Yudo dan para pejabat utama Mabes AL. 

Seusai foto bersama, Andika dan Yudo naik golf car bersama menuju ke ruang pertemuan untuk memberikan arahan kepada prajurit TNI AL. 

Sepanjang perjalanan itu, para prajurit TNI AL menyambut dengan semangat kepada pemimpin TNI tersebut dengan terus menerus meneriakkan yel-yel dengan penuh semangat. 

Semangat yel-yel tersebut menunjukkan wujud ekspresi loyalitas penuh prajurit TNI AL kepada pemimpin TNI yang baru dan siap mendukung program-program yang dijalankan. 

Andika menjelaskan kedatangannya ke Mabes AL untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Yudo agar mendapat penjelasan terkait perkembangan dan kebutuhan TNI AL ke depannya. 

“Karena beliau (KSAL Laksamana TNI Yudo Margono) paling menguasai Angkatan Laut, jadi saya ingin mendapat penjelasan langsung dari pimpinan Angkatan laut tentang semuanya,” ujar Andik, lewat siaran pers, Senin (22/11/2021). 

Apalagi sebagian tugas yang diemban Andika sebagai Panglima TNI yang baru, berada di bawah kewenangan kepala staf masing-masing matra dalam hal ini KSAL, KSAU dan KSAD. 

“Jadi itu tujuan saya rekan-rekan,“ ujar Andika.

Pada kesempatan itu, Yudo juga menyampaikan ucapan selamat atas pengangkatan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang baru. 

Selain itu Yudo juga menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Andika atas kunjungan perdana ke Mabes TNI AL.

Setelahnya Yudo memberikan laporan kepada Panglima TNI tentang tugas TNI AL sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pada Pasal 9. 

Yakni melaksanakan tugas Matra Laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut Yurisdiksi Nasional sesuai hukum nasional dan internasional. 

Selain itu melaksanakan diplomasi Angkatan Laut untuk mendukung kebijakan politik luar negeri, serta melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan Matra Laut maupun pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Guna melaksanakan tugas tersebut TNI AL menyusun struktur organisasi seperti dalam kelembagaan yaitu bedasarkan Perpres No 66 tahun 2019 dan Perpang TNI No 49 tahun 2019. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved