Breaking News:

Berita Bekasi

Cucu KH Noer Ali Ajak Masyarakat Kota Bekasi Meneladani Nasionalisme Pahlawan Nasional

KH Noer Ali adalah pejuang asal Kota Bekasi, sang cucu berharap masyarakat bisa meneladani semangat dan nasionalisme kakeknya itu.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Cucu KH Noer Ali Ajak Masyarakat Kota Bekasi Meneladani Nasionalisme Pahlawan Nasional
Wikipedia
KH Noer Ali, pejuang asal Kota Bekasi. Kini generasi muda bisa meneladani semangat dan nasionalisme yang dimilikinya.

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - KH. Husnul Amal Mas’ud, cucu ulama dan pahlawan nasional asal Bekasi KH. Noer Ali, mengajak warga kota Bekasi untuk meneladani semangat perjuangan dan nasionalisme para pahlawan nasional.

Hal ini sampaikan oleh KH. Husnul Amal dalam Webinar Kebangsaan Meneladani Pahlawan Nasional asal Bekasi KH. Noer Ali dalam rangkaian memperingati Hari Pahlawan Nasional 2021 beberapa waktu lalu.

"Kepada warga Bekssi khususnya para generasi muda dan penerus bangsa untuk tidak melupakan sejarah bangsa sekaligus jasa-jasa para ulama khususnya pahlawan nasional asal Bekasi KH. Noer Ali dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.," kata Husnul Amal, dalam keterangan yang diterima Tribunbekasi.com, Minggu (21/11/2021)

Baca juga: Pemuda di Kembangan Nekad Mencoba Bunuh Diri, Pusing Miliki Utang Rp 90 Juta pada Pinjol

Dalam kesempatan tersebut, Husnul menyampaikan jika generasi saat ini banyak yang tidak mengenal Pahlawan asal Bekasi yang ikut serta dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Padahal Kota Bekasi sendiri memiliki beberapa historis sejarah kemerdekaan.

Selain itu, nama KH. Noer Ali sendiri juga telah dijadikan nama jalan raya yang dulunya  bernama jalan kalimalang, nama jembatan megah di kawasan Summarecon dan Islamic Center yang semuanya berada di jantung kota Bekasi.

"Namun, mereka belum cukup mengenal baik siapa sebenarnya sosok KH. Noer Ali tersebut," katanya.

Baca juga: Ariza Ungkap Hibah Rp 10,6 Miliar Pemprov DKI pada MUI Rutin Dilakukan, Bukan Bentuk Tim Cyber Army

Husnul yang juga merupakan generasi ketiga yang memimpin Ponpes Attaqwa Putra yang didirikan oleh KH. Noer Ali ini memaparkan sejumlah peristiwa heroik bersejarah di Bekasi dan sekitarnya yang dilakoni KH. Noer Ali dan para santri serta pejuang laskar Hizbullah Sabilillah pada masa revolusi mempertahankan kemerdekaan.

Salah satunya peristiwa yang besar yaitu seperti Pertempuran Sasak Kapuk, Resolusi Rakyat Bekasi dan Peristiwa Pembantaian di Rawa Gede Karawang. Karena peristiwa-peristiwa dan peran rakyat Bekasi di bawah pimpinan KH. Noer Ali dan tokoh perjuangan lainnya, maka Bekasi saat ini mendapat julukan kota Patriot.

"Jika selama ini kita mengenal ucapan Bung Karno JAS MERAH (jangan sekali-kali melupakan sejarah), kita juga harus gaungkan JAS HIJAU (jangan sekali-kali menghilangkan jasa para ulama) dalam berdirinya negara tercinta Republik Indonesiadan daerah Bekasi ini terutama Pahlawan Nasional yang asli putra Bekasi KH. Noer Ali," ujarnya.

Baca juga: Polsek Kembangan Hati-hati Memeriksa 10 Saksi dalam Mencari Pembunuh Anggota FBR

Acara Webinar Kebangsaan diselenggarakan di Aula Aziziyah disertai peresmian renovasi Masjid Baitul Haq Kayu Ringin, Sabtu 20 Nopember 2021.

Hadir membuka acara sekaligus menandatangani prasasti Masjid Baitul Haq Wali Kota Bekasi, Ketua FKUB Kota Bekasi, Ketua DPD LDII Kota Bekasi, Ketua PCNU Kota Bekasi, Kesbangpol dan unsur Muspika Bekasi Selatan serta Lurah dan tokoh masyarakat Kayu Ringin. 

Webinar juga dihadiri secara virtual oleh para generasi muda yang tersebar di 141 titik di seluruh wilayah Kota Bekasi.

Sebagai informasi, KH. Noer Ali adalah sosok ulama pejuang kelahiran tahun 1913 di kampung Ujungmalang (kini bernama Ujungharapan) Kecamatan Babelan Bekasi.

Atas jasa dan perjuangannya, KH. Noer Ali mendapat penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dan gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2006 melalui keputusan yang ditandatangani oleh Presiden ke-6 Dr. H. Soesilo Bambang Yudhoyono.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved