Breaking News:

Musik

Musisi Harus Kreatif Berkarya Selama Pandemi, Yovie Widianto: Biasa Manggung, Kini ke Media Digital

Di masa pendemi banyak musisi semakin kreatif dan inovatif mengekspresikan diri melalui berbagai macam ide dan gagasannya.

istimewa
Yovie Widianto saat berbincang bersama Federasi Serikat Musisi Indonesia dalam Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI) episode ke-7, Jumat (19/11/2021). Di episode terakhir tahun 2021 ini, diskusi mengambil tema Membangun Penghasilan Musisi Menjadi Lebih Terdiferensiasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Di masa pendemi banyak musisi semakin kreatif dan inovatif mengekspresikan diri melalui berbagai macam ide dan gagasannya.

Pencipta lagu dan komposer Yovie Widianto dan penyanyi Andien adalah salah satu musisi yang harus terus bergerak mengikuti perkembangan zaman.

Saat jadwal manggung kosong akibat pandemi, mereka dituntut mampu menghadirkan hal baru dan berbeda supaya tetap bertahan di industri musik Indonesia.

Andien dan Yovie Widianto saat berbincang bersama Federasi Serikat Musisi Indonesia dalam Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI) episode ke-7, Jumat (19/11/2021). Di episode terakhir tahun 2021 ini, diskusi mengambil tema Membangun Penghasilan Musisi Menjadi Lebih Terdiferensiasi.
Andien dan Yovie Widianto saat berbincang bersama Federasi Serikat Musisi Indonesia dalam Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI) episode ke-7, Jumat (19/11/2021). Di episode terakhir tahun 2021 ini, diskusi mengambil tema Membangun Penghasilan Musisi Menjadi Lebih Terdiferensiasi. (istimewa)

"Pandemi ini menantang semua kreatifitas. Saat ada kesulitan, disitu muncul kreatifitas dan peluang," kata Andien berbincang Jumat (19/11/2021).

Saat itu Andien bersama Yovie Widianto berbincang bersama Federasi Serikat Musisi Indonesia dalam Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI) episode ke-7.

Di episode terakhir tahun 2021 ini, diskusi tersebut mengambil tema Membangun Penghasilan Musisi Menjadi Lebih Terdiferensiasi.

Baca juga: Aminda Nyanyikan Tiada Cinta Selain Kamu Milik Virgoun Usai Lagu Dua Centang Biru Yovie Widianto

Baca juga: Ditawari Peran Sebagai Juri Ajang Pop Academy Indosiar, Mengapa Andien Malah Teringat Masa Lalu?

Menurut Andien, setiap orang memiliki lingkungan, situasi dan kesempatan yang berbeda.

"Kita harus yakin, pasti ada pintu peluang. Tidak boleh kekeuh atau keras kepala, bahwa musisi harus selalu manggung," ucap Andien.

Poinnya, lanjut Andien, tidak hanya pandemi, dalam kesehariannya musisi dan manusia penting menciptakan sesuatu dan mampu beradaptasi dengan keadaan.

Andien saat berbincang bersama Federasi Serikat Musisi Indonesia dalam Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI) episode ke-7, Jumat (19/11/2021). Di episode terakhir tahun 2021 ini, diskusi mengambil tema Membangun Penghasilan Musisi Menjadi Lebih Terdiferensiasi.
Andien saat berbincang bersama Federasi Serikat Musisi Indonesia dalam Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI) episode ke-7, Jumat (19/11/2021). Di episode terakhir tahun 2021 ini, diskusi mengambil tema Membangun Penghasilan Musisi Menjadi Lebih Terdiferensiasi. (istimewa)

"Kita harus fleksibel memainkan topi-topi itu. Aku yakin, kita punya banyak topi (keterampilan) yang bisa dimainkan," kata Andien.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved