Tambah Lokasi Uji Emisi Gratis, August: Uji Emisi Berbayar Masih Memberatkan Warga

Duit sebanyak itu digunakan untuk pengadaan alat uji emisi kendaraan bermotor dan sarana pendukungnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Agus Himawan
Kompas.com
August Hamonangan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI August Hamonangan meminta Pemprov DKI Jakarta memperbanyak titik uji emisi gratis di Ibu Kota.

Hal ini menyusul adanya kewajiban uji emisi yang bakal diberlakukan dalam waktu dekat.

August  mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah mengajukan anggaran sebesar Rp 2,9 miliar dalam kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2022.

Duit sebanyak itu digunakan untuk pengadaan alat uji emisi kendaraan bermotor dan sarana pendukungnya.

“Dengan anggaran Rp 2,9 miliar yang tersebar di Dinas LH dan Suku Dinas LH di wilayah, saya rasa cukup bagi Pemprov membuat lebih banyak titik uji emisi gratis secara merata,” kata August berdasarkan keterangannya pada Jumat (19/11/2021).

August menilai, hal ini penting dilakukan karena uji emisi kendaraan bermotor berbayar biayanya masih memberatkan warga, terutama di tengah pandemi Covid-19. Sebab utuk satu kali uji emisi saja biayanya bisa berkisar Rp 50.000- Rp 200.000.

Baca juga: Warga Antusias Ikut Uji Emisi Gratis, Ada Pemilik Kendaraan Sudah Antre Pukul 05.00

“Saya menerima aduan bahwa uji emisi kendaraan bermotor biayanya masih memberatkan untuk masyarakat ekonomi rentan. Belum lagi jika tidak lulus uji dan harus uji ulang, berarti ongkos harus keluar lagi dua kali lipat,” ujarnya.

Selain itu, August meminta Pemprov DKI Jakarta untuk memperbanyak sosialisasi terkait uji emisi sebelum memberlakukan tilang termasuk berkoordinasi dengan daerah-daerah penyangga yang penduduknya banyak melakukan mobilisasi ke Jakarta setiap harinya.

“Kendaraan dari luar Jakarta juga harus terinformasikan mengenai uji emisi ini,” imbuhnya.

Sementara itu berdasarkan data Dinas LH DKI Jakarta, jumlah kendaraan yang sudah melakukan uji emisi dari 2020 sampai September 2021 mencapai 206.831 kendaraan.

Saat ini terdapat 207 bengkel di lima kota administrasi yang menyediakan layanan uji emisi.

Rinciannya, 38 bengkel di Jakarta Utara, 42 bengkel di Jakarta Barat, 20 bengkel di Jakarta Pusat, 41 bengkel di Jakarta Timur dan 66 bengkel di Jakarta Selatan. Untuk tarif biasanya sepeda motor dikenakan Rp 50.000 dan mobil Rp 150.000.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved