Breaking News:

Berita Nasional

Jawab Tantangan Selama Masa Pandemi Covid-19, Sandiaga Uno: Adaptasi, Inovasi & Kolaborasi Kuncinya

Adaptasi, Inovasi dan Kolaborasi Disebut Sandiaga Uno Buka Kembali Peluang Usaha dan Lapangan Kerja di Masa Pandemi

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif di Medan Club, Jalan RA Kartini, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara pada Senin (8/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pandemi covid-19 berdampak langsung terhadap semua lini kehidupan bangsa.

Tak hanya kesehatan, tetapi seluruh aspek mulai dari pendidikan hingga pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menjawab tantangan tersebut, dibutuhkan strategi jitu untuk menghadapi resesi ekonomi yang berlangsung sejak hampir dua tahun belakangan, yakni adaptasi, inovasi dan kolaborasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika menjadi pembicara dalam seminar yang digelar LPPM Universitas Riau (UNRI) secara virtual pada Kamis (18/11/2021).

Dalam seminar bertajuk 'Pengembangan Inovasi dan Teknologi Melalui Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat untuk Kebangkitan Ekonomi Menuju Masyarakat Mandiri di Masa New Normal' itu Sandiaga Uno menyampaikan strategi tersebut kini diterapkan Kemenparekraf.

Seiring dengan terkendalinya kasus covid-19 serta masifnya vaksinasi, dirinya optimis kepulihan ekonomi akan terealisasi.

Baca juga: Samir Toga Atheera Didatangkan dari Indonesia, Sandiaga Uno: Produk Lokal Kita Berdaya Saing Global

Baca juga: Dukung Sandiaga Uno Jadi Presiden, Sedulur Sandi Uno Deklarasikan Diri

"Adaptasi, inovasi dan kolaborasi kuncinya. Dalam hal pemberdayaan masyarakat, kunci dari pemulihan ekonomi nasional itu ada di masyarakat, sehingga kalau kita lihat bagaimana masyarakat itu sejatinya menjadikan inovasi dan teknologi yang terus kita kembangkan," papar Sandiaga Uno.

"Masyarakat bisa mandiri, karena masyarakat yang akan menjadi solusi," jelasnya.

Jitunya strategi tersebut dibuktikan Sandiaga Uno ketika dirinya berkunjung ke Desa Wisata Koto Masjid yang terletak di Kabupaten Kampar, Riau.

Di lokasi yang menurutnya mirip dengan Raja Ampat itu, dirinya melihat keindahan alam yang disempurnakan dengan adat istiadat, termasuk beragam produk ekonomi kreatif, mulai dari kuliner, kriya dan fesyen.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved