Breaking News:

Berita Jakarta

Tolak Batu Penggilingan Tebu dari Abad 18 Dipindahkan ke Museum, Warga: Lebih Baik Bangun Prasasti

Sejumlah Warga Tolak Temuan Batu Penggilingan Tebu Dibawa ke Museum, Ketua RT: Lebih Baik Bangun Prasasti di Kampung Ini

Penulis: Muhamad Fajar Riyandanu | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Agus Sayuti, Ketua RT 10/RW 07 saat menunjukkan dua buah batu penggilingan tebu di Gang Tegeng, Jalan Kali Buaran RT 10/RW 07, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur pada Kamis (4/11/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG - Sejumlah warga di Jalan Kali Buaran RT 10/RW 07, Penggilingan, Cakung  Jakarta Timur menolak untuk menyerahkan temuan batu penggilingan tebu kepada pihak Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. 

Adapun di RW 07 sendiri ada 5 buah batu penggilingan tebu yang terlihat di permukaan. Seorang warga menduga, masih banyak batu penggilingan tebu yang terpendam di dalam tanah. 

"Ada 5 batu yang kelihatan ya. Di saya Haji saudi ada 1, Sarmadi kandang kambing 1, Pak RT ada 2, di RT 4 ada 1, dan yang kependam banyak," kata Saudi, sesepuh RW 07 saat ditemui di rumahnya pada Kamis (4/11/2021), siang. 

Di rumah Saudi, terdapat sebuah batu penggiling tebu lain yang difungsikan sebagai meja nongkrong.

Batu tersebut memiliki diameter 60 sentimeter dan tinggi 60 sentimeter.

Ruas-ruas batu yang menyerupai gir masih terlihat jelas. 

"Semenjak saya lahir batu ini sudah ada. Ini dulu disimpan sama kakek saya, usai kakek saya meninggal batu ini saya bawa. Setahu saya batu ini dulunya gilingan tebu," kata Haji Saudi saat ditemui di rumahnya pada Kamis (4/11/2021), siang. 

Pria berumur 73 tahun tersebut mengaku pernah didatangi oleh petugas Dinas Kebudayaan DKI Jakarta sebanyak empat kali.

Para petugas tersebut, ujar Saudi, pernah merayu dirinya untuk menyerahkan batu penggilingan tebu itu kepada mereka. 

"Pernah saya dibanyolin sama orang dinas, bercanda gitu. 'Pak ini kalau batu saya bawa ke museum bagaimana?' Trus saya bilang 'jangan pak, berarti ini bukan kampung penggilingan lagi dong. Dasarnya kampung penggilingan itu ya dari batu penggilingan ini pak'. Mau dibawa kelurahan aja ini saya gak kasih," kata Saudi . 

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved