Breaking News:

Serahkan Dana Hibah Bidang Keagamaan, Ini Harapan Bupati Bogor Ade Yasin

Bupati Bogor Ade Yasin menyerahkan bantuan dana hibah bidang keagamaan tahun 2021 kepada sejumlah pondok pesantren dan madrasah di Kabupaten Bogor

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Lilis Setyaningsih
ISTIMEWA
Bupati Bogor Ade Yasin memberikan penghargaan secara langsung kepada para santri pada peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Aula Setda Kabupaten Bogor, Jumat (22/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Bupati Bogor Ade Yasin menyerahkan bantuan dana hibah bidang keagamaan tahun 2021 kepada sejumlah pondok pesantren dan madrasah di Kabupaten Bogor pada Selasa (16/11/2021).

Penyerahan hibah ini merupakan upaya Pemkab Bogor mewujudkan Bogor Berkeadaban sebagai bagian dari visi-misi Pancakarsa.

"Bogor Berkeadaban salah satu dari lima program prioritas yang fokus pada peningkatan kesalehan sosial dan pelestarian budaya," kata Ade di Cibinong, Selasa (16/11/2021).

Ada tiga program prioritas dari Karsa Berkeadaban ini yaitu penambahan jam pendidikan agama dan keagamaan, Jumat Mengaji (Bogor Ngaos) dan Kamis Nyunda, dan program 1000 Hafiz Quran yang tahun ini terealisasi 300 orang.

Baca juga: Atasi Masalah Pengairan 799 Hektar Sawah di Tanjungsari, Ade Yasin Bakal Revitalisasi Kali Cikompeni

Baca juga: Pulihkan Ekonomi Kabupaten Bogor di Tengah Pandemi, Ade Yasin Luncurkan 199 Inovasi, Apa Saja?

Ada pun realisasi Bogor Berkeadaban tahun 2021 melalui Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor adalah:

1. Bantuan sarana dan prasarana keagamaan bagi masjid, mushola, majlis ta'lim, dan pondok pesantren sebesar Rp 12,7 miliar.

2. Program pembinaan lembaga keagamaan, MUI, Baznas BWI, DMI, bantuan legalitas pondok pesantren dan pembinaan ormas Islam dengan total anggaran Rp 8,7 miliar.

3. Bantuan tunjangan fungsional bagi 9.720 guru non formal (diniyah, takmiliyah) sebesar Rp 750.000 per tahun dengan total anggaran Rp 7,29 miliar.

4. Bantuan insentif bagi 1.698 pegawai pencatat nikah sebesar Rp 2,4 juta per tahun dwngan total anggaran Rp 4, 075 miliar

Baca juga: Bupati Bogor Ade Yasin Ingatkan Warga Waspadai Ancaman Bencana Banjir, Longsor & Angin Kencang

Baca juga: Soal Banjir Jakarta dan Bogor Disalahkan karena Rusaknya Kawasan Puncak, Ini Kata Bupati Ade Yasin

Walaupun masih fokus pada penanganan Covid-19, lanjut Ade, masih ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan Pemkab Bogor, termasuk keberlangsungan pesantren-pesantren dan madrasah.

"Mereka adalah lembaga yang turut mencerdaskan bangsa.Jadi kita berikan hibah untuk membantu kesulitan mereka," ujarnya.

Bantuan untuk lembaga keagamaan ini termasuk untuk BOP (Badan Operasional Pondok) Pesantren sebesar Rp 5 juta per bulan, bantuan infrastruktur Rp 45 juta, serta  insentif untuk guru-guru madrasah, honorer, amil, dan lain sebagainya.

Baca juga: Dana Hibah Bamus Betawi Capai Miliaran Rupiah, Ketua Komisi A DPRD DKI: Ini Baru Rekomendasi

"Saya kira ini penting karena mereka membutuhkan. Jangan menunggu masa normal karena perangkat-perangkat ini yang kita butuhkan supaya keberlangsungan pembelajaran terus berjalan," papar Ade.

Dengan bantuan ini, Ade berharap Kabupaten Bogor semakin maju dan berkeadaban sesuai visi misi Pancakarasa.

"Semoga kesalehan sosial makin tumbuh di Kabupaten Bogor," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved