Breaking News:

Berita Nasional

Jadwal Pemilu Masih Buram, Mardani: Jangan Sampai Publik Curiga Masa Jabatan Presiden Diperpanjang

Menurut Mardani KPU dalam hal ini seharusnya lebih tegas untuk menentukan hari pemungutan suara dan tahapan pemilu lainnya

Editor: Feryanto Hadi
Kompas.com/Devina Halim
Politisi Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mendesak agar pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menyelesaikan bahasan mengenai tanggal pelaksaaan pemilihan umum 2024.

Hal tersebut, menurut Mardani, agar persiapan pelaksanaan pemilu bisa dilakukan dengan matang.

"Berharap ada titik temu antara jadwal usulan pemerintah dan  KPU. Kepastian tanggal Pemilu 2024 membuat semua pihak dapat bekerja dengan kerangka waktu yang jelas. Penyelenggara pemilu pun ada kesempatan untuk menyiapkan semua perangkat lebih awal dan lebih berkualitas," ungkap Mardani Ali Sera di Twitter pribadinya, dikutip pada Selasa (16/11/2021).

Mardani menambahkan, KPU dalam hal ini seharusnya lebih tegas untuk menentukan hari pemungutan suara dan tahapan pemilu lainnya.

Baca juga: Buntut Istri Dituntut Setahun Penjara karena Marahi Suami, Kejagung Turun Tangan, 9 Jaksa Diperiksa

"Hari pemungutan suara merupakan poin sentral dr penentuan seluruh tahapan serta jadwal pemilu. Dlm hal ini KPU perlu lebih tegas untuk menentukan sikap karena sesuai UU No 7 Thn 2017 tentang Pemilu, KPU punya kewenangan penuh untuk menentukan hari pemungutan suara dan berbagai tahapan pemilu," kata dia.

"Sekaligus menegaskan bahwa institusi KPU merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri," imbuh Mardani.

Apabila  KPU terkesan menunda mengumumkan jadwal pemilu, kata Mardani, jangan salahkan publik jika curiga ada misi tersembunyi di balik lambatnya penetapan jadwal pemilu itu.

Baca juga: Fadli Zon Diduga Ngambek Kritiknya Disoal, Habiburokhman Tegaskan Prabowo Tak Marah, Cuma Menegur

"Penetapan waktu pemungutan suara Pemilu 2024 kian penting untuk segera mengakhiri berbagai isu miring dan keresahan publik. Salah satunya adalah demi memperpanjang masa jabatan pemerintahan saat ini sampai 2027 mendatang," ungkapnya

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak perlu ragu menentukan jadwal Pemilu 2024.

"Saya berharap KPU tegak lurus sebagai pelaksana undang-undang."

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved