Breaking News:

Berita Daerah

Gelar Unjuk Rasa, Aliansi Rakyat Untuk Reformasi Kejaksaan Minta Kejari Tanjabtim Tegakkan Hukum

Gelar Unjuk Rasa, Aliansi Rakyat Untuk Reformasi Kejaksaan Minta Kejari Tanjabtim Tegakkan Hukum. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Aliansi Rakyat Untuk Reformasi Kejaksaan menggelar aksi unjuk rasa di depan Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi Pada Selasa (16/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah masyarakat yang menamakan diri sebagai Aliansi Rakyat Untuk Reformasi Kejaksaan meminta Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi agar menegakkan hukum secara profesional. 

"Kami menuntut kajari dan tim penyidik Kejari Tanjabtim agar menegakkan hukum secara profesional dan humanis, serta menjalankan prosedur hukum secara tepat dan tidak bertindak sewenang-wenang," kata Koordinator Lapangan Aliansi Rakyat Untuk Reformasi Kejaksaan Nurman Sahdi dalam keterangan tertulis pada Selasa (16/11/2021). 

Hal itu ia sampaikan bersama anggota masyarakat lainnya terkait penanganan kasus dugaan korupsi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjabtim yang ditangani oleh kejari setempat. 

Menurut dia, kajari dan tim penyidik Kejari Tanjabtim tidak menghormati pra peradilan yang diajukan oleh KPU Tanjabtim. Alasannya, pihak dari kejari tidak menghadiri sidang di hari pertama yang berlangsung pada Rabu (10/11) 2021. 

Bahkan, pada Senin (8/11) pihak Kejari Tanjabtim justru melakukan penjemputan terhadap Sekretaris dan Bendahara KPU Tanjabtim dan lansung ditetapkan sebagai tersangka dengan jaminan tidak akan ditahan jika pra peradilan KPU Tanjabtim dicabut.

Selain itu, Kejari Tanjabtim juga menyegel ruang KPU Tanjabtim yang berakibat terhambatnya kegiatan KPU Tanjabtim yang sedang melaksanakan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan untuk persiapan Pemilu 2024, kata dia. 

Atas persoalan tersebut, masyarakat yang tergabung dengan aliansi itu juga meminta

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Jambi untuk mengambil tindakan terhadap jajarannya di tingkat Kejari Tanjabtim

"Tujuannya supaya menghormati pra peradilan KPU Tanjabtim," ujar dia. 

Tidak hanya itu, ia juga mendesak Komisi Kejaksaan, Jaksa Agung, Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas) dan Komnas HAM untuk menindak tegas dan menginvestigasi tindakan tersebut.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved