Info BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Jakarta Barat Giat Lakukan Evaluasi Distribusi KIS kepada Peserta JKN-KIS

Diharapkan dengan adanya pertemuan rutin seperti ini kendala atas pengiriman KIS ke depannya dapat lebih diminimalisir.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat melakukan pertemuan rutin dengan ekspedisi yang bekerja sama untuk melakukan evaluasi pencapaian distribusi yang telah dilakukan oleh pihak ekspedisi hingga bulan November 2021, Kamis (11/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Guna memastikan kartu kepesertaan JKN-KIS terdistribusi secara tepat kepada peserta, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat melakukan pertemuan rutin dengan ekspedisi yang bekerja sama untuk melakukan evaluasi pencapaian distribusi yang telah dilakukan oleh pihak ekspedisi hingga bulan November 2021, Kamis (11/11/2021).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Desi Muflihatun mengungkapkan pertemuan ini diadakan dalam rangka menjalin komunikasi termasuk evaluasi terhadap kendala-kendala yang terjadi di lapangan selama distribusi kartu JKN-KIS.

Diharapkan dengan adanya pertemuan rutin seperti ini kendala atas pengiriman KIS ke depannya dapat lebih diminimalisir.

Desi menyampaikan, tahun ini kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan jasa ekspedisi PT. Si Cepat Ekspres Indonesia berjalan dengan hasil yang cukup memuaskan dalam hal pendistribusian kartu JKN-KIS khusus bagi peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) termasuk juga peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

Menurutnya, proses distribusi ini bertujuan untuk memudahkan peserta untuk mendapatkan akses pelayanan sehingga pada saat calon peserta mendaftar dan melakukan pembayaran pertama setelah 14 hari masa tunggu, peserta tidak perlu ke Kantor Cabang untuk mencetak kartu karena kartu JKN-KIS akan dikirim langsung ke alamat peserta.

“Selain untuk memberikan kepuasan kepada peserta JKN-KIS, diharapkan juga bahwa antrean peserta yang datang ke Kantor Cabang akan mengalami penurunan,” ungkap Desi.

Selain melakukan kegiatan evaluasi dengan jasa ekspedisi, Desi mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan Jakarta Barat juga kerap melakukan kegiatan spot check secara rutin.

Hal ini dilakukan secara sampling untuk memastikan bahwa dari daftar peserta penerima KIS telah benar mendapatkan JKN-KIS sesuai dengan daftar penerimaan yang disampaikan oleh jasa ekspedisi.

Dari hasil spot check diperoleh bahwa benar kartu kepesertaan JKN-KIS sudah diterima oleh peserta.

Selain itu dari hasil rekapitulasi distribusi JKN-KIS per bulannya rata-rata sebesar 97,3 persen kartu JKN-KIS telah terdistribusi hingga end user dan sisanya mengalami retur karena alamat penerima tidak ditemukan.

"Dari data yang kami terima, sejak bulan Februari sampai dengan Oktober kurang lebih sekirar 97,3 persen kartu JKN-KIS sudah diterima oleh end user. Adapun kendala lain yang dihadapi berupa proses rekonsiliasi data serta laporan pengiriman yang diberikan oleh pihak ekspedisi kami coba sampaikan upaya yang dapat didiskusikan sehingga kedepannya proses pelaporan ini juga berjalan dengan lancer," tambah Desi.

Sementara itu, perwakilan Koordinator Wilayah PT. Si Cepat Ekspres Indonesia, Asep Riyandhi mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat yang telah memercayakan pengiriman KIS peserta kepada PT. Si Cepat Ekspres Indonesia.

"Harapannya dengan sinergi yang tekah dibangun dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat dapat berjalan dengan baik dan terus berkomitmen dalam menyukseskan Program JKN-KIS dengan memberikan layanan jasa pengiriman kartu kepesertaan JKN-KIS yang maksimal kepada peserta," jelas Asep. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved