Mensos Pastikan Produksi Enam Kapal Cepat untuk Transportasi Masyarakat Papua

Kedatangan Mensos untuk memastikan penyelesaian pengerjaan kapal cepat (speedboat) sebagai sarana transportasi air.

Editor: Lucky Oktaviano
Dok Humas Kementerian Sosial
Mensos Tri Rismaharini dan Menko PMK Muhajir Effendy menyaksikan kapal yang sudah hampir selesai di halaman belakang Kampus Teknik Universitas Cendrawasih (Uncen), Jayapura, Papua, Jumat (12/11/2021). Pada tahap awal, kapal diproduksi sebanyak 6 unit. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAYAPURA -- Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi kampus Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih.

Kedatangan Mensos untuk memastikan penyelesaian pengerjaan kapal cepat (speedboat) sebagai sarana transportasi air.

Kapal tersebut merupakan hasil karya para pemuda Papua yang mendapatkan pembinaan para ahli dari Universitas Cendrawasih dan Institut Sepuluh November Surabaya (ITS).

Kolaborasi dua kampus ini tidak lepas dari inisiasi Mensos dalam menjawab sulitnya akses masyarakat Papua dengan geografis banyak berupa gunung, sungai dan laut.

"Selama ini waktu tempuh dari Mamberamo ke Sentani membutuhkan waktu 2 hari. Karena kondisi sungai yang berkelok-kelok. Dengan kapal ini diharapkan bisa lebih cepat," kata Mensos di Kampus Teknik Universitas Cendrawasih (Uncen) di Jayapura, Jumat (12/11/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, dan tim pembuat kapal.

Mensos didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Staf Khusus Menteri.

Mensos dan Menko PMK menyaksikan kapal yang sudah hampir selesai di halaman belakang kampus.

Pada tahap awal, kapal diproduksi sebanyak 6 unit.

"Satu kapal untuk keperluan menjemput anak sekolah. Lalu lima unit untuk dikelola Yayasan Kristen Indonesia di Papua," kata Mensos.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved