Breaking News:

Berita Depok

Hari Kesehatan Nasional, DKR Depok Gelar Diskusi Ilmiah Bersama Siti Fadhila Supari

Hari Kesehatan Nasional, DKR Depok Hadirkan Diskusi Ilmiah Bersama Siti Fadhila Supari dan Ahli Virus Indro Cahyono. Berikut Selengkapnya

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok menggelar diskusi ilmiah di Hotel Bumi Wiyata, Beji, Kota Depok pada Sabtu (13/11/2021). Hadir Menteri Kesehatan Periode 2004-2009 DR. Dr. Siti Fadhilah Supari dan Ahli Virus yang telah meneliti virus sejak 2005, drh. Indro Cahyono 

WARTAKOTALIVE.COM,  BEJI - Sambut Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November setiap tahunnya, Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok menggelar diskusi ilmiah bertema Hidup Sehat di Tengah Pandemi dan Cara Mengatasi Kemungkinan Gelombang ke-3.

Dalam diskusi tersebut hadir Menteri Kesehatan Periode 2004-2009 DR. Dr. Siti Fadhilah Supari dan Ahli Virus yang telah meneliti virus sejak 2005, drh. Indro Cahyono.

Bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Beji, Kota Depok, kedua nara sumber memaparkan mengenai virus asal Wuhan, Tiongkok, yang diprediksi akan memasuki gelombang ke-3 pada akhir tahun ini dan awal tahun depan.

Ketua DKR Kota Depok Roy Pangharapan mengatakan, gelaran diskusi ilmiah ini menjadi bentuk bukti DKR peduli pada kondisi masyarakat di masa pandemi.

"Kami tentu prihatin ya karena di Dunia Covid-19 itu dimulai di Wuhan, sedangkan di Indonesia di mulai di Depok. Jadi, untuk itu temanya memang masih seputar Covid-19, bagaimama mengakhiri pandemi dan sebagainya," kata Roy seusai diskusi ilmiah dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke 57 di Hotel Bumi Wiyata, Beji, Kota Depok, Sabtu (13/11/2021).

Baca juga: Kento Momota Kaget, Indonesia Badminton Festival 2021 Digelar Tanpa Kehadiran Penonton

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Screening Berlapis Diterapkan Sepanjang Indonesia Badminton Festival 2021

Diskusi tersebut diselingi dengan tanya jawab dari para hadirin. Dalam kesempatan tersebut, tamu undangan yang hadir antara lain Wakil Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo, Kepala BKPSDM Kota Depok drg. Novarita, Kepala Disdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayatti, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Wijayanto, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Depok.

Roy mengatakan, kegiatan perayaan HKN ini menjadi salah satu agenda penting DKR Kota Depok.

"Bisa dibilang ini menjadi lebarannya DKR, agenda penting yang kami rayakan setelah hari jadinya DKR," 

Selain diskusi ilmiah, acara juga diselingi dengan pemberian penghargaan kepada sejumlak pihak, yang dikatakan Roy telah bekerja mendedikasikan dirinya untuk kepentingan kesehatan khususnya bagi warga Depok.

Baca juga: Pulih dari Cedera, Kento Momota Bakal Tampil Habis-habisan di Indonesia Badminton Festival 2021

Baca juga: Atlet Keluar dari Area Bubble Indonesia Badminton Festival 2021, Sanksi Ini Bakal Menanti Mereka

Pemberian penghargaan tersebut diberikan langsung Siti Fadhila Supari selaku pencetus berdirinya DKR pada 2008 lalu, saat dirinya masih menjabat sebagai Menkes.

"Kami paham bahwa mereka-mereka ini bekerja tanpa pamrih tapi penghargaan inj dimaksudkan sebagai apresiasi kami atas kerja-kerja yang telah mereka lakukan," tutur Roy.

Sedangkan pada saat pemaparan, Indro menjabarkan mengenai virus SARs-cov 2 yang telah menghantui Indonesia bahkan dunia sejak akhir 2019 lalu.

Tak hanya pengenalan terhadap virus yang telah menyebabkan jutaan orang meninggal, Indro juga memberikan edukasi perihal pencegahannya.

"Virus Corona ini bisa dicegah paparannya dengan mencuci hidung dengan garam non yodium, atau kalau sudah terinfeksi maka bisa diatasi dengan membuat protokol sehat rakyat," tuturnya

"Yakni ramuan yang dibuat sendiri melalui 131 yaitu 1 jari jahe, 3 potong sereh, dan 1 jari lengkuas, kemudian diminum," paparnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved