Breaking News:

UMKM

Potensi Industri Halal Dunia Menjanjikan, Airlangga: Indonesia Harus Tangkap Momentum untuk Ekspor

Peluang besar bagi produk halal UMKM Indonesia dalam beberapa tahun ke depan untuk menjadi produsen produk halal global terbesar.

Istimewa
Focus Group Discussion (FGD) Staf Khusus Wakil Presiden RI yang dilaksanakan secara hibrid dari Ruang Sinergi Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI, Jakarta, menghadirkan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (11/11/21). 

- Potensi industri halal dunia sangat menjanjikan

- Peluang besar bagi produk halal besutan UMKM Tanah Air

- Dukungan penuh pemerintah melalui kebijakan dan alokasi dana

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pasar produk halal sangat besar , sehingga potensi industri halal duniapun sangat menjanjikan.

Tentu saja ini peluang besar bagi produk-produk halal Indonesia, khususnya produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga Indonesia dalam beberapa tahun ke depan dapat menjadi produsen produk halal global terbesar.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, MBA, saat memberikan keynote speech pada Focus Group Discussion (FGD) Staf Khusus Wakil Presiden RI yang dilaksanakan secara hibrid dari Ruang Sinergi Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI, Jakarta, Kamis (11/11/21).

Baca juga: Kucuran Rp 1 Triliun dari Gojek ke Mitra Berikan Dampak Positif Bagi UMKM

FGD Series Global Halal Hub edisi ketiga ini dipimpin oleh Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si, didampingi Asisten Staf Khusus Wapres Guntur Subagja Mahardika dan Dhika Yudistira, membahas mengenai dukungan perbankan dan lembaga keuangan dalam mendukung UMKM halal ekspor.

FGD Series ke-3 Global Halal Hub menghadirkan narasumber Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Koordinator Perekonomian RI Gede Edy Prasetya, Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN Agus Suharyono, Direktur Utama Bank Muamalat Indonesia Ahmad K Permana, dan Direktur Bank Syariah Indonesia Kokok Alun Akbar.

Kemudian, Direktur Pelaksana Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) Rusdi Dahardin, Kepala Divisi UMKM BNI Sumarna Eka Nugraha, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Madjidi, dan Asisten Staf Khusus Wapres yang juga Sekretaris Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (MUI) Guntur Subagja Mahardika.

Baca juga: Halal Modern Valley di Banten Bakal Menjadi Klaster Industri Halal Terbesar Pertama di Indonesia

Kebijakan dan alokasi dana

Menurut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Indonesia harus menangkap momentum di tengah pandemi ini untuk meningkatkan pasar industri halal nasional dan ekspor dengan produk-produk nasional Indonesia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved