Seleksi KPU dan Bawaslu

Batas Waktu Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu Tanggal 15 November, Catat Syarat dan Jadwal

Batas akhir pendaftaran calon komisioner KPU dan Bawaslu semakin mepet. Waktu tersisa tinggal 5 hari lagi, sudah mendaftarkah anda.

Editor: Wartakota
Wartakotalive.com/Domu D. Ambarita
Wakil Ketua Panitia Seleksi calon anggota/komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027, Chandra M Hamzah sesi foto saat wawancara khusus dengan Tribun Network di Jakarta, Senin (1/11/2021) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tenggat waktu atau batas akhir pendaftaran calon komisioner Komisi Pemilihan UMUM (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) semakin mepet. Panitia seleksi (Pansel) KPU dan Bawaslu membuka pendaftaran hingga 15 November 2021. Artinya tersisa lima hari lagi.

Sudahkah anda bersiap mendaftar?

Wakil Ketua Pansel KPU dan Bawaslu Chandra Hamzah saat berbincang dengan Wartakotalive.com Network pekan lalu mengatakan, jumlah pendaftar untuk bakal calon anggota KPU dan Bawaslu masih sangat minim.

Menurut Chandra, yang mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), masa pendaftaran bakal calon komisioner KPU dan Bawaslu perioder 2022-2027 dibuka sejak 18 Oktober 2021.

Penerimaan pendaftaran ditutup pada 15 November 2021.

Wakil Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027, Chandra M Hamzah mengimbau agar peminat segera mendaftar.

Menurut dia, siklus mata rantai demokrasi dimulai dari penyelenggara Pemeilihan Umum dan pemilihan presiden, yakni KPU dan Bawaslu.  Jika kita ingin memperbaiki demokrasi, mendaftarlah segera sebagai komisioner KPU, dan Bawaslu. 

Baca juga: Anggota KPU-Bawaslu Bukan Cuma Penyelenggara Pemilu, tapi Juga Penyelenggara Negara, Harus Negarawan

"Ya kita berharap begini, media massa, kemudian LSM juga tolong didorong untuk (masyarakat) yang baik-baik mendaftar lah," kata Chandra saat bincang khusus dengan Tribunnews.com, di Gedung Capital Palace, Jakarta Selatan, Senin (1/11/2021).

Dalam wawancara eksklusif itu, hadir News Vice Director Tribun Network/Editor in Chief Warta Kota Domuara D. Ambarita, editor senior Tribun Network Cecep Burdansyah, Korlip Kompartemen Polhukam Tribun Network Dodi Esvandi.

Menurut Chandra, Pansel akan menyeleksi secara transparan dan akuntable. Pansel akan memilih kandidat yang memiliki integritas tinggi.

Mantan Wakil Ketua KPK itu menekankan integritas menjadi poin utama syarat bagi calon anggota KPU-Bawaslu.

Selain itu, ada sejumlah hal yang bakal diperhatikan timsel.

Baca juga: Ini 11 Syarat Tambahan dari Pansel untuk Calon Anggota KPU dan Bawaslu, Integritas Nomor Satu

"Integritas menjadi nomor satu buat anggota KPU-Bawaslu, kira-kira ada 11 lah yang kita perhatikan. Integritas, kemampuan menghadapi tekanan waktu, kemampuan menghadapi tekanan kepentingan, keberpihakan pada kaum difabel dan gender," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved